Lapas Tanjung Gelar Pemeriksaan Kesehatan, Deteksi Potensi HIV-Aids di Kalangan WBP

0

LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung lakukan pemeriksaan penyakit yang beredar di kalangan warga binaan, Sabtu (12/3/2022).

SKRINING terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) ini dilakukan oleh 10 petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Tabalong yang bertempat di Aula Lapas Tanjung.

Kepala Lapas (Kalapas) Tanjung, Heru Yuswanto, mengatakan pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi dini WBP dari dari penyebaran penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

“Ini merupakan langkah antisipasi kita untuk memastikan tidak ada warga binaan yang terindikasi mengidap penyakit seperti HIV dan Aids,” ujarnya kepada wartawan.

BACA JUGA: Razia Kamar Napi, Petugas Lapas Tanjung Temukan Kartu Remi hingga Sajam

Dengan adanya langkah penanggulangan dini terhadap penyebaran penyakit menular HIV/AIDS di dalam lapas, dapat ditindaklanjuti dengan penanganan medis sesegera mungkin.

“Jadi, skrining ini harus dilakukan secara masif supaya terlihat, karena gejala-gejala awal HIV/AIDS itu sering tidak terlihat secara fisik, mereka semua sama dengan yang sehat, tetapi kekebalan imunnya yang sudah turun drastis. Maka dari itu, harus dilakukan pemeriksaan agar dapat terdeteksi sejak dini,” ungkap Heru.

BACA JUGA: Cegah Napi Bikin Kunci Duplikat, Petugas Lapas Tanjung Rolling Gembok Kamar Tahanan

Heru memastikan pihaknya akan merahasiakan hasil peemriksaan, agar jika nantinya ada WBP yang terindikasi memiliki penyakit HIV AIDS tidak dikucilkan. Disisi lain seluruh Pegawai mengharapkan agar semua hasil pemeriksaan HIV AIDS negatif.

Kegiatan ini, ungkapnya, juga bentuk layanan Lapas Tanjung kepada warga binaan untuk memastikan kesehatannya karena layanan kesehatan juga hak yang patut mereka dapatkan sebagai langkah penekanan penyebaran penyakit menular di lingkungan lapas. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.