Resmi Pindah ke Banjarbaru, Gedung Baru Mako Polda Kalsel Ditarget Rampung Akhir 2022

0

MARKAS Komando Polda Kalsel sebentar lagi akan dipindah dari Jalan S Parman, Banjarmasin ke Banjarbaru. Ini menyusul proses pembangunan gedung baru telah mulai digarap di atas lahan hibah Pemprov Kalsel.

LOKASI gedung Mapolda Kalsel di Jalan Bina Praja Timur, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru berdiri di atas lahan seluas 10.600 m². Gedung baru ini pun menggantikan gedung lama terletak di Jalan S Parman dan Jalan DI Panjaitan, Banjarmasin.

Seremonial peletakan batu pertama dilakukan Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah, Forkopimda, Ketua MUI Kalsel, Danrem, Danlanud, Danlanal serta undangan lainnya, Senin (28/3/2022).

BACA : ETLE Resmi DiLuncurkan, Kapolda Kalsel : Ciptakan Budaya Berlalulintas yang Baik

Kepala Biro Logistik Polda Kalsel Kombes Pol Moch Sagi Dharma Adhyakta mengungkapkan pembangunan Mako Polda Kalsel di Banjarbaru ini sudah memiliki legalitas sertifikat tanah menggunakan dana DIPA-APBN tahun anggaran 2022 sebesar Rp 131.124.570.900.

“Waktu pembangunan targetnya 270 hari kalender terhitung sejak 28 Maret-19 Desember 2022. Pelaksananya adalah PT Adi Karya KSO PT Lutfi Jaya Mandiri Kontruksi,” kata Kombes Moch Sagi Dharma Adhyaksa kepada awak media.

Menurut dia, sumber dana pembangunan Mako Polda Kalsel berasal dari bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dari sejumlah perusahaan. Seperti bangunan masjid, Gedung SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu), pagar, dan gerbang.

BACA JUGA : Sah! Jadi Ibukota Kalsel, Ketua DPRD Banjarbaru Minta RTRW Segera Direvisi

“Saat ini, dana bantuan dari swasta terkumpul sebesar Rp 45 miliar. Bantuan diperkirakan akan terus bertambah, mengingat ada beberapa proposal yang sedang berproses,” ujar perwira menengah Polda Kalsel ini.

Senada itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto menjelaskan pembangunan Mako Polda ini akan  dilakukan sejak 2021 lalu. Namun, karena ada pemotongan anggaran akibat pandemi Covid-19, terpaksa pembangunan gedung baru bagi korps Bhayangkara ini ditunda.

BACA JUGA : Berawal dari Agenda Murdjani, Rekam Sejarah Banjarbaru Disiapkan Jadi Ibukota Kalsel

“Baru pada 2022 ini pekerjaan fisik bisa dilaksanakan. Semoga pembangunan selesai sesuai target. Jadi, akhir tahun ini, seluruh anggota Polda Kalsel yang ada di Banjarmasin bisa pindah ke Banjarbaru,” kata mantan Kapolda Maluku Utara ini.

Rikhwanto berharap dengan adanya pembangunan Mako Polda Kalsel yang baru bisa menjadi pemecut semangat dalam melaksanakan tugas ke depan. Utamanya, untuk memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat. “Layani masyarakat kalsel, dengan sebaik-sebaiknya,” imbuh Rikhwanto.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.