Jadi Acuan Pembangunan, Gedung PUPR Kota Banjarbaru Diresmikan Walikota Aditya

0

DIBANGUN cukup megah di atas lahan seluas 1 hektare dengan luas bangunan 1.936 m², Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru diresmikan.

GEDUNG baru ini terdiri dari bangunan utama dua lantai dengan luas 1.696 m² dan bangunan jaskon 1 lantai dengan luas 240 m² diresmikan Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, Senin (21/3/2022) siang.

Gedung ini berlokasi di Jalan Mitra Praja Nomor 9 Kota Banjarbaru. Pembangunan gedung baru dimulai sejak 3 Mei 2021 lalu dengan kontak dan addendum sebesar Rp 16 miliar melalui APBD tahun 2021.

“Gedung ini memiliki IPAL domestik sebanyak 3 unit dengan kapasital sebesar 18 m³. Serta proteksi kebakaran juga  tersedia dengan smoke detector, apar dan hydran,” ungkap Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Eka Yuliesda Akbari.

BACA : Status Banjarbaru Jadi Ibukota Kalsel Digugat? Bicara Historis, Walikota Aditya Bandingkan Dengan IKN Nusantara

Eka menyebut dalam perencanaan pembangunan mengikuti Permendagri Nomor 7 Tahun 2006 tentang standarisasi sarana dan prasarana kerja pemerintah daerah.

“Diresmikannya kantor baru ini semakin semangat, mendapat keberkahan dan kenyamanan dalam melayani masyarakat Kota Banjarbaru khususnya yang memerlukan pelayanan Dinas PUPR,” papar Eka.

BACA JUGA : Bersiap Jadi Ibukota Kalsel, Pemkot Banjarbaru Susun Rancangan Awal RKPD

Sementara itu, Ovie sapaan akrab Walikota Aditya menyampaikan apa yang sudah terbangun bisa dijaga dan dipelihara dengan baik. Ia mengatakan kantor dinas serta badan yang tidak layak di Kota Banjarbaru agar dapat diperbaiki dan dibangun kembali.

“Gedung Kantor PUPR ini sebagai salah satu prototipe yang akan menjadi acuan untuk Kota Banjarbaru membangun perkantoran,” tuturnya.

Terkait gedung-gedung perkantoran yang dikatakan belum layak tersebut, Aditya memastikan pelan-pelan pemerintah kota akan segera bikin perencanaan. “Jika ada dana, tahun depan bisa dijalankan,” imbuh Aditya.(jejakrekam)

Penulis Sheila Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.