Usai 3 Rumah Dibongkar di Area Jembatan HKSN, Giliran Utilitas PLN dan Telkom Dibereskan

0

TIGA bangunan di area Jembatan HKSN, Jalan Kuin Selatan, Kelurahan Cerucuk, Banjarmasin Barat telah rata dengan tanah. Saat ini, bekas lahan itu telah diuruk pihak kontraktor.

KONTRAKTOR lanjutan Jembatan HKSN di wilayah Kuin Cerucuk; PT Haidasari Lestari memastikan akan mengejar target rampung pada Januari 2022 ini. Di lokasi itu akan ditancapkan 40 tiang pancang untuk akses badan Jembatan HKSN serta oprit jembatan yang terhubung ke Jalan Kuin Selatan, usai tiga bangunan telah digusur Satpol PP Kota Banjarmasin.

Arifuddin, salah satu pemilik bangunan yang telah digusur di Kuin Selatan mempertanyakan mengapa jaringan utilitas seperti tiang listrik PLN, Telkom dan lainnya belum juga dibereskan pemerintah kota.

BACA : Sudah Telan Dana Rp 70 Miliar Lebih, Komisi III DPRD Banjarmasin Awasi Proyek Jembatan HKSN

“Bekas rumah kami sudah diuruk untuk dipasang tiang pancang Jembatan HKSN. Sampai kapan Jembatan HKSN ini akan segera dirampungkan? Kami saja rela bangunan yang ada di sekitar jembatan itu dibongkar,” kata Arifuddin kepada jejakrekam.com, Kamis (20/1/2022).

Menjawab hal itu, Kepala Bidang Jembatan Dinas PUPR Kota Banjarmasin Thomas Sigit memastikan untuk jaringan utilitas khususnya di Jalan HKSN, Kuin Utara, Banjarmasin Utara segera dipindahkan. “Tiang listrik milik PLN itu akan dipindah ke pinggir batas tanah yang telah dibebaskan di Jalan HKSN,” kata Sigit.

BACA JUGA : Ditarget Rampung Januari, Demi Jembatan HKSN Telan Biaya Jumbo Rp 70 Miliar Lebih

Menurut dia, saat ini memang belum dilakukan pemadaman listrik karena pihak PLN akan segera menyambungkan ke jalur baru. Karena, gardu HKSN yang lama tetap dibiarkan berada di ruas jalan tersebut.

“Dari keterangan pihak PLN, tiang baru dipasang dulu di pinggir jalan. Setelah itu rampung, baru ada pemadaman listrik. Setelah itu akan disambung ke tiang baru. Perkiraan pemadaman listrik untuk pemindahan utilitas diperkirakan sekitar satu jam lebih,” tutur Sigit.

BACA JUGA : Lahan Telah Dikosongkan, Ditarget Januari, Kontraktor Jembatan HKSN Geber Pekerjaan Tertunda

Masih menurut dia, mengenai waktu pengerjaan pemindahan tiang listrik merupakan kebijakan PLN, karena tiang listrik merupakan properti BUMN tersebut.

“Begitu juga tiang telepon milik PT Telkom telah dikoordinasikan untuk segera dipindah. Sama dengan tiang listrik berada di tepi Jalan HKSN. Untuk pemindahan utilitas itu tidak akan berlangsung lama,” kata Sigit.

Mengenai jaringan pipa milik PDAM Bandarmasih, Sigit menyebut pihak pabrik air itu akan segera mengganti dengan pipa tebal HPDE. “Tapi karena jaringan pipa itu berada di dalam tanah, apalagi berada di bahu jalan jadi posisinya tidak terlalu urgen,” ungkap Sigit.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.