Husairi Abdi

Lahan Telah Dikosongkan, Ditarget Januari, Kontraktor Jembatan HKSN Geber Pekerjaan Tertunda

0

SEMPAT terbentur tiga bangunan yang belum juga dirobohkan, kini kontraktor proyek lanjutan Jembatan HKSN di Jalan Kuin Selatan, Kuin Cerucuk, Banjarmasin, bisa melanjutkan pekerjaan tertunda.

BEGITU tiba bangunan yang berada di samping kanan arah menuju Jalan Kuin Selatan dibongkar rata dengan tanah oleh Satpol PP Kota Banjarmasin bersama tim kontraktor dengan menerjunkan alat berat pada Jumat (7/1/2022). Kini, lahan kosong itu segera akan dipasang titik tiang pancang.

Berdasar skedul, seharusnya masa kontrak kerja PT Haidasari Lestari menggarap proyek lanjutan Jembatan HKSN bernilai Rp 22,8 miliar lebih itu telah berakhir pada 23 Desember 2021.

Kontraktor asal Simpur, Kandangan itu sudah menggerjakan pembangunan lanjutan jembatan seperti pembangunan oprit serta penyambung ke badan jembatan sudah dimulai sejak 28 Mei 2021.

BACA : Terganjal Masalah Pembebasan Lahan, Target Penyelesaian Jembatan HKSN Meleset

“Begitu lahan telah kosong, insya Allah semoga sesuai skedul sebenarnya pada November sudah selesai. Nah, karena sudah tidak ada bangunan, dalam minggu ini sudah mulai dipasang 40 titik tiang pancang untuk lantai jembatan. Kalau lancar, lima titik sehari dipasang di lahan kosong itu,” ucap  Pelaksana Lapangan Proyek Lanjutan Jembatran HKSN dari PT Haidasari Lestari,  Arjuna Sulityo kepada jejakrekam.com, Minggu (9/1/2022).

Lahan telah dikosongkan usai pembongkaran tiga bangunan di area Jembatan HKSN, Jaln Kuin Selatan, Kuin Cerucuk. (Foto Asyikin)

Ia mengakui saat ini terus digenjot untuk pemasangan tiang pancang badan jalan Jembatan HKSN sepanjang 89 meter dengan pile head P32-P37 serta rigid beton grid P38-P41a. Bagian jalan dan oprit Jembatan HKSN yang mengarah ke Jalan Kuin Selatan itu pun terus digarap kontraktor, karena sempat terkendala beberapa bulan lalu.

 “Lahan yang kosong itu segera diuruk dengan tanah merah. Karena lahan bekas rumah itu merupakan tanah rawa, sehingga butuh pemadatan dengan tanah urukan,” ucap Arjuna.

BACA JUGA : Tiga Rumah di Area Proyek Jembatan HKSN Dibongkar, Pemilik: Mestinya Izin

Begitu pula jika sudah bersih dari sisa material rumah milik warga yang telah dibebaskan, kontraktor lanjutan Jembatan HKSN ini akan memasang crane pancang agar bisa memudahkan mobilasi di atasnya.

“Alhamdulillah, sampai hari ini, belum ada kendala berarti di lapangan. Semoga saja, dalam pengerjaan lanjutan Jembatan HKSN ini juga didukung cuaca yang bersahabat,” ucap Arjuna.

Dari pantauan jejakrekam.com, para pekerja kontraktor yang diturunkan PT Haidasari Lestari pun tampak bekerja siang malam. Bahkan, proses pengecoran untuk sambungan ke badan Jembatan HKSN membentang di atas Jalan Kuin Selatan ke Jalan Kuin Cerucuk terus digarap. Mengenai target Jembatan HKSN di sisi Jalan Kuin Selatan, Kuin Cerucuk bisa selesai pada akhir Januari 2022 ini bakal terealisasi.

BACA JUGA : Ditarget Rampung Januari, Demi Jembatan HKSN Telan Biaya Jumbo Rp 70 Miliar Lebih

“Kami targetkan Jembatan HKSN ini sudah selesai seluruhnya pada Januari 2022 ini. Sebab, di sisi Jalan HKSN Kuin Utara, kontraktor pelaksana sudah menuntaskan pekerjaan, tinggal membersihkan jaringan utilitas seperti tiang listrik PLN, Telkom dan jaringan pipa PDAM Bandarmasih dipindahkan,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Rini Subantari.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.