Husairi Abdi

Viral Warga Lampihong Lumpuh Akibat Divaksin, Ini Klarifikasi dari RSUD Balangan

0

VIDEO beredar di media sosial (medsos) menyebut W (48 tahun) warga Desa Lok Panginangan, Lampihong diinformasikan mengalami lumpuh akibat disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua, bikin RSUD Balangan langsung bereaksi.

DAPAT kami sampaikan bahwa informasi yang beredar di media sosial yang menyebut warga Lampihong mengalami kelumpuhan akibat vaksinasi Covid-19 itu tidak benar dan hoaks,” ucap Direktur RSUD Balangan, dr Sudirman kepada awak media di Paringin, Rabu (19/1/2022).

Dia menjelaskan pada Sabtu (15/1/2022), pasien W datang ke IGD RSUD Balangan dengan keluhan nyeri kepala kurang lebih sepekan. Nyeri di kepala itu terasa berat, badan lemas, mual dan muntah.

“Dari hasil anamnesa (wawancara), pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang laboratorium, diagnosis sementara pasien dari dokter spesialis penyakit dalam, yang bersangkutan mengalami infeksi saluran kemih dan hepatitis B,” tutur Sudirman.

BACA : Mampu Cegah Efek Samping Vaksinasi Covid-19, Jualan Buah Kelapa Muda Laris Manis

Tak cukup itu. Sudirman mengatakan berdasar diagnosis sementara oleh dokter spesialis saraf diagnosa dicurigai yang bersangkutan mengidap encephalopathy hepatikum, curiga tumor di dalam kepala, curiga meningoencephalitis. Sedangkan, dari analisis dokter spesialis mata dicurigai papil edema. “Pasien direncanakan melakukan pemeriksaan CT SCAN kepala dan mata sebelah kiri,” kata Sudirman.

Senada itu, Sekretaris Satgas Covid-19Kabupaten Balangan Rahmi, mengimbau kepada warga masyarakat tidak perlu khawatir dan takut untuk bervaksin Covid-19. “Karena sampai saat ini capaian vaksinasi di Balangan sudah mencapai 84 persen dari keseluruhan warga. Ini artinya kita semua baik-baik saja,” tuturnya.

BACA JUGA : Ini Daftar Obat Covid-19, Ketua IDI Kalsel : Dipakai untuk Terapi Penyembuhan Pasien di RSUD Ulin

Menurut Rahmi, kalau ada gejala timbul usai bervaksin segera lapor kepada petugas pelayanan kesehatan terdekat. Ia memastikan petugas berkomitmen untuk cepat tanggap dalam menyikapi dan menanggapi setiap ada laporan dari masyarakat.

Pemosting Video Guru Ngaji Lumpuh Minta Maaf

Sementara itu, viralnya dugaan warga Lampihong mengalami kelumpuhan akibat disuntik vaksin Covid-19 membuat warga resah di Balangan. Ketika dicek kebenarannyha, ternyata berita diduga tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Nurul Yakin, yang turut memviralkan kabar itu di medsos pun menyampaikan klarifikasi. Melalui postingan video pendek berdurasi 38 detik, Nurul Yakin mengumumkan permintaan maafnya kepada warga Balangan atas postingannya tersebut.

BACA JUGA : Beredar Ramuan Bangkitkan Imun dari Kemenkes, Dekan Fakultas Kedokteran ULM : Bukan Obat Covid-19!

“Saya atas nama Nurul Yakin meminta maaf kepada seluruh warga Balangan atas postingan yang saya bagikan di media sosial tentang seorang guru mengaji mengalami kelumpuhan setelah vaksinanasi Covid-19,” kata Nurul Yakin.

Ia mengaku menyesal atas perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. “Atas viralnya video yang membuat keresahan di masyarakat tersebut, saya berjanji tidak mengulanginya lagi,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.