Respon Warga Batuah, Bukan Ganti Rugi, DPRD Banjarmasin Minta Ada Tali Asih

0

PENGADUAN warga yang terdampak proyek revitalisasi Pasar Batuah tergabung dalam Aliansi Kerukunan Warga Batuah didengar DPRD Kota Banjarmasin.

ALASAN warga mengadu ke Lurah Kuripan, Wakil Walikota Arifin Noor hingga ke DPRD Banjarmasin, karena program revitalisasi senilai Rp 3,5 miliar dibantu Kementerian Perdagangan melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diperdagin) Kota Banjarmasin tak pernah disosialisasikan.

Apalagi, kabarnya menyangkut adanya rencana penggusuran beberapa pemukiman warga yang berada di area Pasar Batuah di Jalan Veteran dan Jalan Manggis. Khususnya, warga yang bermukim di RT 11 dan 12 Kelurahan Kuripan.

“Memang dari pertemuan warga dengan pihak Disperdagin Banjarmasin terdengar nada-nada emosi. Mereka menyampaikan unek-unek, istilahnya curhat terkait rencana revitalisasi Pasar Batuah,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin, Bambang Yanto Permono kepada awak media, Rabu (19/1/2022).

BACA : Warga Resah Jika Digusur, Kadisperdagin : Tanah Pasar Batuah Milik Pemkot Banjarmasin!

Diakui Bambang, karena dana revitalisasi Pasar Batuah itu bersumber dari APBN 2022 melalui Kementerian Perdagangan, posisi Pemkot Banjarmasin hanya pelaksana program.

“Yang pasti, secara bertahap kami akan mediasi aspirasi warga tergabung dalam Aliansi Kerukunan Warga Batuah dengan pemerintah kota. Terutama, para pedagang Pasar Batuah serta pemilik bangunan di sekitar pasar itu,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalsel ini.

Bambang mengakui dari keterangan Kepala Disperdagin Banjarmasin Ichrom Muftezar, masalah keluhan warga terkait revitalisasi Pasar Batuah ini akan dibuka ruang dialog secara bertahap. “Tentu DPRD mendorong ada pertemuan dilakukan secara bertahap, karena posisi dalam proyek revitalisasi Pasar Batuah itu, Pemkot Banjarmasin hanya pelaksana,” tegasnya lagi.

BACA JUGA : Telan Dana Rp 3,5 Miliar, Revitalisasi Pasar Batuah Picu Pro dan Kontra

Dialog terbuka dengan para pedagang Pasar Batuah dan berikutnya kepada para pemilik bangunan di sekitar pasar diharapkan Bambang bisa segera terlaksana. Ini agar informasi seputar proyek nasional itu dapat tersampaikan dengan baik kepada semua pihak yang terkait.

“Jangan sampai ada nada tinggi atau perdebatan panas lagi, harus ada solusi terbaik antara Pemkot Banjarmasin dengan warga di kawasan Pasar Batuah,” kata Bambang.

BACA JUGA : Diusulkan Revitalisasi ke Kemendag, Pedagang Pasar Batuah Minta Harga Kios Tak Mahal

Apalagi, menurut dia, status lahan Pasar Batuah yang berada di Jalan Veteran dan tembus ke Jalan Manggis itu merupakan milik Pemkot Banjarmasin.

“Dalam aturan memang ketika lahan itu milik pemerintah, tidak ada istilah ganti rugi. Namun, untuk jalan tengah dari persoalan rencana revitalisasi Pasar Batuah bisa saja warga setempat diberi tali asih. Intinya, kami berharap ada keputusan terbaik dan jangan sampai ada yang dikorbankan,” pungkas Bambang.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.