Menuju Herd Immunity, Walikota Ibnu Sina : Cukup 2 Tahun Warga Banjarmasin Pakai Masker

0

WALIKOTA Ibnu Sina menargetkan cukup dua tahun bagi warga Banjarmasin mengenakan masker. Sebab, jika sudah menggapai herd immunity (kekebalan kelompok) dari semua lapisan, maka pandemi Covid-19 bisa teratasi.

HAL ini ditegaskan Ibnu Sina saat meninjau vaksinasi massal merdeka lanjut usia (lansia) di Kelurahan Telawang, Banjarmasin Barat, Jumat (14/1/2022).

“Semoga pandemi ini segera berakhir. Sudah cukup dua tahun kita mengenakan masker. Insya Allah, jika sudah terwujud herd immunity, jadi kita bisa melepas masker,” ucap Ibnu Sina.

Menurut dia, berkat kolaborasi pemerintah kota bersama Polresta Banjarmasin dan Kodim 1007/Banjarmasin hingga per 14 Januari 2022 sudah tergerek cakupan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran warga lansia.

“Saya bersama Kapolresta Banjarmasin dan Dandim 1007/Banjarmasin berkomitmen untuk mencapai 60 persen lansia telah disuntik vakdin. Targetnya ada sekitar 7.500 orang,” kata mantan anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PKS ini.

BACA : Kepala Dinkes Banjarmasin : Joki Vaksin Bisa Dikenakan Sanksi UU Wabah Penyakit Menular

Bagi Ibnu Sina, jika ada peningkatan satu persen tiap hari dari target vaksinasi lansia, maka pada 2022 ini target 60 persen bisa tercapai. Dicanangkan jika tiap ada 200 warga lansia telah divaksin, maka dalam satu pekan target bisa dikejar. “Semoga saja pada 2022 ini semua warga Banjarmasin sehat seluruhnya,” kata Ibnu Sina.

Dengan turun bersama Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito dan Dandim1007/Banjarmasin Kolonel Inf Oki Andriansyah Adiwirya, Walikota Ibnu Sina hakkul yakin target itu akan bisa diraih kota.

BACA JUGA : Baru 44 Persen, Banjarmasin Kejar Target Capaian Vaksinasi untuk Lansia

Dia juga menginstruksikan agar di setiap RT di kelurahan dan kecamatan serta dinas-dinas yang terkait bsia bergotong royong untuk mengejar target 7.500 warga lansia telah disuntik vaksin.

“Saat ini, dengan tambahan 200 warga lansia telah disuntik vaksin, cakupan vaksinasi sudah naik jadi 47 persen. Ini artinya, selama dua hingga tiga hari sudah 1.400 orang lansia divaksin,” ungkap Ibnu Sina.

Dengan stimulus pembagian paket sembako, Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini berharap sasaran warga lansia untuk disuntik vaksin bisa mendongrak angka cakupan menuju herd immunity di Banjarmasin. Ini setelah, vaksinasi masyarakat umum di Banjarmasin hingga akhir tahun 2021 sudah mencapai 79 persen.(jejakrekam)

Penulis Dokpim Banjarmasin/Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.