Husairi Abdi

Tersisa 2 Tahun, Bupati Tabalong Ingin Percepat Akselerasi 24 Program Prioritas

0

MASA jabatan tersisa dua tahun lagi, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menginginkan adanya percepatan aklerasi 24 program prioritas.

“APA yang dihasilkan selama tahun 2021merupakan cerminan kinerja pemerintah daerah. Apalagi, masa jabatan saya bersama Wakil Bupati H Mawardi tersisa dua tahun lagi. Jadi, kita harus melakukan akselerasi,” kata Bupati Anang Syakhfiani usai melantik 470 aparatur sipil negara (ASN) yang kena mutasi jabatan di lingkungan Pemkab Tabalong, Selasa (4/1/2021).

Dia menyebut ada 20 hingga 24 program prioritas yang harus dipercepat segera dicapai oleh Pemkab Tabalong di masa kepemimpinannya bersama Wabup H Mawardi.

BACA : Sambut IKN di Kaltim, Bupati Tabalong Ingin Terus Pacu Pembangunan Daerah

Saat melantik dan mengukuhkan 270 ASN dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), pejabat pimpinan tinggi pratama hingga pejabat administrator serta pejabat pengawas di lingkungan Pemkab Tabalong di Pendopo Bersinar, Tanjung, Bupati Anang Syakhfiani mengingatkan ada tiga peran ASN sebagai pelaksana, pengelola dan pemimpin.

“ASN harus menerapkan konsep kepemimpinan efektif yang mampu memberikan motivasi kepada bawahan secara terus menerus, termasuk meningkatkan semangat kerja dan cepat melakukan adaptasi,” ucapnya.

Menurut Anang Syakhfiani, dalam kepemimpinan, ASN juga harus bisa membentuk tim kerja handal dalam menjalankan sebuah program yang mampu berkolaborasi serta menjadi contoh dan memberi inspirasi.

BACA JUGA : Raih IPK 3,84, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Sandang Gelar Doktor IPDN

“Dari pengamatan saya, ada beberapa OPD di Pemkab Tabalong yang berhasil menunjukkan prestasi  di samping menerapkan kepemimpinan efektif juga memiliki tim yang andal,” ucapnya.

Menurut Anang Syakhfiani, mutasi dan promosi adalah sebuah kebutuhan lingkungan birokrasi. Ini karena dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan keseimbangan yang tinggi. “Makanya, mutasi dan promosi adalah hal yang sangat lumrah di lingkungan birokrasi Pemkab Tabalong,”  cetusnya.

BACA JUGA : Akselerasi Pencapaian SKPD, Bupati Tabalong Lantik Ratusan Pejabat Eselon III dan IV

Bupati Tabalong mengatakan bagi para ASN yang berada di lapisan pertama dan kedua, terutama yang akan mengakhiri masa jabatan agar dipersiapkan dalam melaksanakan akselerasi pembangunan.

“Siapkan mulai sekarang, agar ketidakadaan lapisan pertama dan kedua ini, tidak berpengaruh terhadap keinginan saya dan Wabup untuk melakukan akselerasi pembangunan,” pungkas Anang Syakhfiani.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.