Dukung Geliat Ekonomi Warga, Jembatan Kanal Antang Dinilai Bawa Dampak Positif

0

KEBERADAAN Jembatan Kanal Antang di Desa Sungai Puting, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, dinilai membawa dampak positif terhadap geliat pembangunan perekonomian di wilayah setempat.

SEBELUM ada jembatan tersebut, dua kabupaten yang berbatasan yakni Tapin dan Barito Kuala terpisahkan oleh sungai dan hanya bisa dilewati dengan menggunakan perahu, sehingga untuk menyeberang hanya bisa menggunakan kapal ferry. Berkat jembatan Kanal Antang, akses masyarakat Kabupaten Tapin semakin terbuka dan bisa menguhubungkan 2 kabupaten.

“Keberadaan jembatan dan overpass tersebut terbukti mendukung kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Syamsul Bahri, CSR Superintendent PT Antang Gunung Meratus (AGM), dalam siaran pers PT AGM yang diterima jejakrekam.com, Senin (27/12/2021).

Dijelaskan Syamsul, keberadaan jembatan Kanal Antang juga akan membantu arus mobilisasi masyarakat jelang momen libur tahun baru. Sebelumnya, kapasitas kapal Ferry hanya 2 mobil, 1 truk, dan 6 sepeda motor.

Sekarang berkat Jembatan Kanal Antang, kendala-kendala tersebut sudah tidak ada lagi, dan antrian semakin cepat. “Sebelumnya, waktu antri kapal ferry penyeberangan disaat peak season bisa mencapai 1-2 jam sampai antrian kendaraan mengular, tetapi saat ini hanya beberapa menit saja,” ucap Syamsul.

Jembatan Kanal Antang yang menjadi bagian jalan nasional dan dan diresmikan pada tanggal 11 Februari 2020, kini semakin memiliki peran vital bagi kelancaran distribusi produk pertambangan, termasuk batubara milik AGM. Aksesibilitas dan mobilitas lalu lintas Jalan Marabahan – Margasari pun kini semakin mudah.

Juga, mengurangi waktu tempuh pengguna jalan mengingat ruas tersebut merupakan jalan alternatif penghubung di Kalimantan Selatan, dan mendukung aktivitas industri pertambangan menuju terminal batubara di Kota Banjarmasin, Batu Licin dan sekitarnya.

BACA JUGA: Soal Sengketa Lahan di Sei Puting, Komisi III DPRD Kalsel Minta Tak Boleh Terulang Lagi

Langkah AGM membangun jembatan kini dianggap membawa efek positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah kota/kabupaten di Provinsi Kalimanatan Selatan. Keberadaan jembatan yang dibangun melalui dana CSR ini, mampu membuka akses dan mendongkrak ekonomi masyarakat. Denyut nadi ekonomi warga dua kabupaten lebih terasa karena distribusi barangpun semakin lancar.

Syamsul menjelaskan, keberadaan jembatan ini sangat penting bagi kelancaran transportasi dan peningkatan ekonomi masyarakat, tidak hanya masyarakat di wilayahnya tetapi juga masyarakat Kalimantan Selatan. Keberadaan jembatan juga tidak mematikan fungsi sungai sebagai sarana transportasi masyarakat.

Pada tanggal 8 Februari 2020, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ikut meresmikan Jembatan Kanal Antang. Bapak Menteri Basuki sangat mengapresiasi pembangunan jembatan yang merupakan sarana dan prasarana di jalan nasional yang berasal dari dana CSR.

“Biasanya pembangunan jembatan menggunakan APBN atau KPBU. Program ini patut diapresiasi dan bisa dijadikan model bagi perusahan-perusahaan lain (CSR dalam bentuk infrastuktur). Model seperti ini bisa mempercepat pembangunan prasarana bagi masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian,” ujar Basuki. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.