Tolak Semen Conch Melintas, Mahasiswa STIA Amuntai Sambangi DPRD HSU

0

PROTES ruas jalan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dilintasi truk pengangkut semen bertonase besar, ratusan mahasiswa STIA Amuntai turun ke jalan.

MEREKA mendatangi wakil rakyat di DPRD Kabupaten HSU, Amuntai, Kamis (16/12/2021) untuk menyuarakan protes atas rusaknya ruas jalan dalam sebulan terakhir ini. Aksi protes mahasiswa ini disampaikan dalam bentuk drama treatrikal dan orasi di hadapan pimpinan dan anggota DPRD HSU.

Koordinator aksi, Dina Astuti mengatakan unjuk rasa ini merupakan bentuk penolakan mahasiswa terhadap truk semen Conch yang lalu lalang di jalan HSU dengan tonase berlebih.

“Lalu lalangnya truk angkutan dengan tonase berlebih inil yang mengakibatkan lubang kubangan lumpur di beberapa titik,” ujar Dina Astuti.

Mereka mendesak DPRD HSU segera mengambil tindakan serta menyampaikan aspirasi tuntutan masyarakat hingga ke DPRD Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

BACA : Plt Bupati HSU Husairi Abdi Sarankan Semen Conch Bikin Jalan Khusus atau Lewat Jalan Kelanis

“Kami ingin wakil rakyat HSU dapat menjadi penghubung aspirasi masyarakat. Kami ingin wakil rakyat juga dapat menyampaikan kepada pihak-pihak terkait agar menindak tegas angkutan-angkutan yang melebihi ketentuan melintas di jalan raya HSU,” ucap Dina.

Massa menuntut pertanggungjawaban PT Conch South Kalimantan Cement atas kerusakan jalan yang ada di Kabupaten HSU. Sebab, menurut Dina, angkutan truk semen Conch ini ketika melintas di jalan negara, melebihi kapasitas dan menyalahi ketentuan yang ada.

“Jika masalah ini dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan akan menimbulkan korban dan jalan akan semakin rusak,” ucap Dina.

BACA JUGA : Jalan Cepat Rusak, Aktivis Kompak-Ja Tuntut Pemkab HSU-Aparat Hukum Larang Truk Semen Conch Melintas

Ketua DPRD HSU Almien Ansar Safari saat menerima para pengunjuk rasa, memastikan akan segera menindaklanjuti aspirasi yang diajukan para mahasiswa.

“Kami akan upayakan semaksimal mungkin apa yang menjadi aspirasi masyarakat yang diwakili oleh kawan-kawan mahasiswa. Ini akan kita perjuangkan,” ujar politisi muda Golkar ini.

BACA JUGA : RDP Soal Jalan Rusak Tak Dihadiri Conch, Rosehan : Harus Datang Secara Jantan ke DPRD Kalsel!

Menurut Almien, DPRD HSU telah memanggil manajemen PT Conch South Kalimantan Cement terkait kerusakanjalan yang ada di HSU ini. “Kami akan mengupayakan untuk mengatasi masalah ini hingga selesai,” ucap Almien.

Menurut dia, DPRD HSU juga serius mendampingi jalannya proses aspirasi masyarakat hingga nanti perbaikan jalan dilakukan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan yang berwenang atas jalan nasional di daerah.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.