KPU dan Bawaslu Kalsel Kawal PSU Pemilu 2024 di Tabalong

0

ADANYA temuan dalam Pemilu 2024 dalam hal administrasi, di TPS 05, Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, mengharuskan untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU), Sabtu (24/02/2024).

PSU tersebut pun menjadi perhatian. Hingga dihadiri langsung oleh Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kalsel, Nida Guslaili Rahmadina. Turut hadir pula, Ketua Bawaslu Kalsel, Aries Mardiono, yang memantau jalannya proses PSU dari luar lokasi TPS, memastikan pelaksanaan berjalan lancar.

Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kalsel, Nida Guslaili Rahmadina menjelaskan, bahwa pemantauan langsung ini sebagai salah satu upaya mendukung jalannya proses PSU.

Dalam pelaksanaannya juga sudah sesuai dengan ketentuan dan juknis proses pemungutan suara yang dilakukan KPU Tabalong. “Kami pastikan beberapa berkas dan dokumen yang disampaikan oleh KPU Tabalong sudah sesuai dengan ketentuan yang mengatur tata aturan pelaksanaan PSU,” jelasnya.

BACA: Laporan Tak Direspons Bawaslu HST, Nurdin Ardalepa Mengadu ke Bawaslu Kalsel

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono menyampaikan, dirinya juga turut hadir untuk memastikan proses PSU tidak terjadi kembali.

“Kita hadir untuk memastikan bahwa jangan sampai ada PSU dua kali, artinya apa yang dilaksanakan di sini terjadi pada kesalahan pada 14 Februari lalu, jangan sampai terjadi lagi,” katanya.

Ia juga mengatakan, bahwa di Kalsel hanya satu TPS yang melaksanakan PSU yakni di RT 3 Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong. “Dari 13.584 TPS se-Kalsel satu TPS yang (PSU) hanya di Murung Pudak di TPS 05 Belimbing Raya,” kata Aries.

Ditambahkannya, dalam PSU diberikan hak kepada warga negara sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) setempat dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang memang sudah terdaftar sebelumnya. “Bukan pemilih luar yang belum terdata dalam DPTb untuk diberikan hak pilih, sehingga terpaksa untuk di PSU,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.