Husairi Abdi

Target Jaya di Pemilu 2024, Tim Formatur Segera Susun Kepengurusan DPD Demokrat Kalsel Pimpinan Ibnu Sina

0

WALIKOTA Banjarmasin Ibnu Sina meraih posisi puncak sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Selatan periode 2021-2026. Target partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ingin mengembalikan kejayaan di Pemilu 2024 seperti tercatat pada Pemilu 2009.

SEKRETARIS DPD Partai Demokrat Kalsel demisioner, Hairun Nisa mengakui berdasar hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh DPP Partai Demokrat, telah dipilih Ibnu Sina sebagai ketua terpilih.

“Begitu nanti sudah ada surat keputusan (SK) DPP Partai Demokrat, maka saudara Ibnu Sina sebagai ketua terpilih akan menyusun kepengurusan DPD Partai Demokrat Kalsel bersama tim formatur,” ucap Hairun Nisa kepada jejakrekam.com, Jumat (26/11/2021).

Menurut Nisa, tim formatur ini terdiri dari wakil unsur DPP, DPD Partai Demokrat Kalsel serta DPC Partai Demokrat yang dipilih dalam Musyawarah Daerah (Musda) IV Partai Demokrat Kalsel di Banjarmasin pada 18 September 2021 lalu.

Dia menjelaskan sebagai ketua terpilih, Ibnu Sina berwenang untuk memilih siapa yang menjadi sekretaris, bendahara serta yang menduduki posisi wakil ketua dan lainnya. Hanya saja, keputusan harus disetujui tim formatur yang langsung dipimpin Ketua Umum Partai Demokrat, AHY.

BACA : Langsung Diuji AHY, Peluang Ibnu Sina-Rusian Pimpin Demokrat Kalsel Masih Fifty-Fifty

“Nanti, jika susunan personalia kepengurusan DPD Partai Demokrat Kalsel periode 2021-2026 telah dibentuk, maka bisa diagendakan untuk pelantikan oleh DPP Demokrat,” kata mantan anggota DPRD Banjarmasin ini.

Menurut Nisa, jika nanti dilantik, maka tugas DPD Partai Demokrat Kalsel adalah menyiapkan agenda musyawarah cabang (muscab) di 13 kabupaten dan kota se-Kalsel. Hal itu merupakan tahapan yang berlaku di Partai Demokrat.

Senada itu, Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Banjarmasin Sri Nurnaningsih mengakui dengan terpilihnya Ibnu Sina sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel periode 2021-2026, maka tugas besar akan menantinya.

Pengumuman terpilihnya Ibnu Sina sebagai ketua daerah oleh Ketua Umum AHY pada Rabu (24/11/2021) lalu, secara virtual. Dia berharap agar dengan kepemimpinan Ibnu Sina bisa membawa Partai Demokrat Kalsel bisa kembali Berjaya seperti Pemilu 2009 lalu.

BACA JUGA : Didukung 8 DPC, Ibnu Sina Incar Ketua Demokrat Kalsel, Rusian : Bersaing dengan Saya!

Ririe-sapaan akrab Wakil Bendahara Umum Bintang Muda Indonesia (BMI) ini mengakui dalam Pemilu 2019 lalu, khususnya di Banjarmasin, Demokrat bisa merebut lima kursi. Hanya saja, Demokrat yang dulu bisa menempatkan kadernya sebagai pimpinan dewan di DPRD Banjarmasin pada Pemilu 2009 silam, bisa terulang lagi.

“Termasuk, raihan kursi di DPRD Kalsel dan DPR RI serta DPRD kabupaten dan kota menjadi tugas bersama di kepemimpinan Ibnu Sina selaku ketua daerah,” tuturnya.

BACA JUGA : Veni, Vidi, Visi Ala Ibnu Sina; Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel Pilihan AHY

Mantan anggota DPRD Banjarmasin ini mengingatkan tahapan Pemilu 2024 makin dekat, karena efektif dimulai pada Maret 2022 mendatang harus segera disikapi Partai Demokrat.

“Kita harus belajar dari dua kali pemilu; yakni Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 lalu, Demokrat belum berhasil menempatkan kadernya duduk di parlemen pusat DPR RI Senayan Jakarta. Dengan pengalaman Ibnu Sina pernah menjabat ketua partai, tentu bisa menambah daya Demokrat jelang Pemilu 2024,” pungkas Ririe.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.