Husairi Abdi

Wakili Banjarmasin di Babak Final, Atlet Anggar Senior Floret Agung Rebut Medali Perak

0

KEJUARAAN Provinsi (Kejurprov) Anggaran Kalimantan Selatan tahun 2021 di Gedung Sport Center JPOK Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarbaru, berlangsung sejak Sabtu (20/11/2021) lalu.

TERCATAT, ada 209 atlet dari 12 kabupaten/kota se-Kalimantan mengikuti even tahunan helatan  Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kalsel itu yang ditutup pada Rabu (24/11/2021).

Ajang yang mempertandingkan adu senjata dalam teknik memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan memanfaatkan kelincahan tangan, membawa cerita tersendiri bagi Miftahul Chair.

Orangtua atlet anggar, M Agung Perdana mewakili IKASI Kota Banjarmasin meraih medali perak atau juara kedua dari Kejurprov Anggaran Kalsel tahun 2021 itu.

Dalam even ini, ada 13 nomor dipertandingkan. Yakni, floret (foil) putra-putri berupa pedang berbentuk langsing, lentur dan ringan dengan ujung datar atau bulat. Ada pula nomor sabel (sabre) dan degen putra dan putri, hingga pra kadet putra-putri. Semua nomor dipertandingkan dari kelas junior hingga senior dari tim beregu tiap atlet kabupaten/kota.

BACA : Bina 42 Cabor, KONI Banjarmasin Target Pertahankan Juara Umum Porprov Kalsel 2022

“Pada kelas senior nomor floret putra, alhamdulillah Muhammad Agung Perdana merebut posisi kedua mewakili Banjarmasin di babak final di ajang Kejurprov Anggar Kalsel tahun 2021 di Sport Center JPOK ULM Banjarbaru,” ucap Miftahul Chair kepada jejakrekam.com, Jumat (26/11/2021).

Atlet anggaran senior, Muhammad Agung Perdana yang turun di nomor floret merebut medali perak untuk Banjarmasin. (Foto Istimewa)

ASN di Dinas PMTSP Provinsi Kalsel ini mengakui putranya itu sudah lama menggeluti cabor anggar sejak duduk di SMAN 2 Banjarmasin dan kini Agung telah menempuh studi di Fakultas Kedokteran ULM.

“Dengan raihan medali perak, tercatat kontingen Banjarmasin bisa mengumpulkan tujuh medali dari Kejurprov Anggar Kalsel tahun 2022 di Banjarbaru,” papar Chair, sapaan akrabnya.

Mantan ASN di Dinas Kimpraskot (kini Dinas PUPR) Kota Banjarmasin ini mengakui selama pandemi Covid-19, banyak atlet anggar termasuk putranya jarang berlatih lagi.

BACA JUGA : Porprov XI 2022, Pemkab HSS Tunggu Kepastian Anggaran dari Pemprov Kalsel

“Tapi, saya bersyukur Agung bisa menorehkan prestasi di level provinsi dalam kejurprov kali ini. Dengan begitu, dia bisa terus mengasah kemampuan dalam olahraga bela diri anggar karena cabor ini selalu dipertandingkan dalam setiap even baik kejurda, kejurprov, kejurnas, pekan olahraga provinsi (porprov) hingga pekan olahraga nasional (PON), bahkan oliampiade,” tutur Chair.

Sementara itu, Ketua Umum IKASI Kalsel Herita Wati menjelaskan kejurprov tahun ini dimaksudkan untuk menjadi wahana pembinaan melalui uji kemampuan, eveluasi dan penyegaran atlet yang telah berlatih sepanjang tahun 2021.

“Kejuaraan ini juga untuk ajang rekruitmen dan persiapan atlet menghadapi Kejurnas Anggar nantinya,” kata dosen Pendidikan JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat ini.

Dalam even itu diterapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 baik bagi peserta, pelatih, ofisial hingga para juri serta lainnya yang berlangsung di Sport Center JPOK ULM Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.