Husairi Abdi

Veni, Vidi, Visi ala Ibnu Sina; Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel Pilihan AHY

0

VENI, Vidi, Visi. Kalimat Julius Caesar, sang jenderal Romawi pada 47 SM yang berarti saya datang, saya melihat dan saya telah menaklukkan (menang), pasti disematkan ke Ibnu Sina.

TERBILANG baru menjadi kader Partai Demokrat, Walikota Banjarmasin ini pun berhasil menaklukkan petahana; Rusian demi merebut posisi Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel periode 2021-2026.

Ibnu Sina resmi menjadi kader partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini baru pada 28 Agustus 2020. Ini dikuatkan dengan kartu tanda anggota (KTA) bernomor  1220908200007975, yang diteken AHY sebagai Ketua Umum Demokrat.

Sebelum lompat pagar ke Demokrat, Ibnu Sina merupakan kader partai dakwah, bahkan sempat menduduki posisi puncak sebagai Ketua DPW PKS Kalsel. Ketika maju sebagai kandidat ketua dalam Musyawarah Daerah (Musda) IV Partai Demokrat Kalsel di Hotel Kindai Best Western Banjarmasin, Senin (18/10/2021), Ibnu Sina dikabarkan disokong delapan DPC Partai Demokrat se-Kalsel.

BACA : Diuji Tim 3 DPP, Ibnu Sina Dan Rusian Bersaing Rebutkan Posisi Ketua Partai Demokrat Kalsel

Begitu uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper tes) pada Senin (15/11/2021) secara virtual di hadapan Ketum Demokrat, AHY dan Sekjen Teuku Riefky Harsya serta Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, ternyata Ibnu Sina lebih pusat dibanding Rusian.

Ibnu Sina saat mengikuti fit and proper test di hadapan DPP Partai Demokrat, beberapa waktu lalu. (Foto IG Ibnu Sina Official)

Kans Ibnu Sina untuk memimpin partai yang pernah berjaya di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Pemilu 2009, sudah lama diprediksi banyak kalangan internal Demokrat di Kalsel.

Kepada awak media di Banjarmasin, Selasa (23/11/2021), Ibnu Sina mengaku sudah mendapat pemberitahuan dirinya terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel. Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengatakan dirinya diberi amanat oleh AHY untuk memimpin parpol berlambang bintang mercy ini. Mengenai kapan pelantikannya, Ibnu Sina mengaku belum tahu persis.

BACA JUGA : Didukung 8 DPC, Ibnu Sina Incar Ketua Demokrat Kalsel, Rusian : Bersaing dengan Saya!

Apa tugas Ibnu Sina sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel untuk lima tahun ke depan? Sesuai mandate, Ibnu Sina akan memimpin partai ini dalam menghadapi Pemilu 2024, apalagi tahapannya akan dimulai pada Maret 2022 yang sebentar lagi.

Berikutnya, Ibnu Sina pun harus menyusun formasi kepengurusan serta menyiapkan agenda berikutnya gelaran musyawarah cabang (muscab) Partai Demokrat di 13 kabupaten dan kota se-Kalsel. Perhitungannya, masih ada empat bulan bagi Ibnu Sina untuk menyiapkan diri menggolkan agenda partai.

BACA JUGA : Langsung Diuji AHY, Peluang Ibnu Sina-Rusian Pimpin Demokrat Kalsel Masih Fifty-fifty

Terpisah, pesaing Ibnu Sina dalam perebutan kursi orang nomor satu di Demokrat Kalsel, Rusian enggan berkomentar banyak. “Yang saya baca dalam berita memang seperti itu (Ibnu Sina dipilih jadi Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel oleh Tim Tiga Demokrat pimpinan AHY),” kata Rusian kepada jejakrekam.com, Kamis (25/11/2021).

Mantan Ketua DPRD Banjarmasin ini hanya bisa mengucapkan selamat kepada koleganya dalam menerima tugas dan mandat dari DPP Partai Demokrat. “Semoga saja, Demokrat di Kalsel lebih baik lagi,” pungkas Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel periode 2017-2021 ini.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.