Pekan Depan, Jokowi Dikabarkan Bakal Resmikan Jembatan Sei Alalak

0

PRESIDEN RI, Joko Widodo, dikabarkan akan bertandang ke Kalimantan Selatan dan meresmikan Jembatan Alalak, pada Kamis (21/10/2021) mendatang.

KABAR kedatangan Jokowi disampaikan Ketua DPRD Kalsel, Supian HK. Ia mengirimkan jadwal kedatangan presiden kepada jejakrekam.com.

Sebelum meresmikan Jembatan Alalak, Jokowi terlebih dulu melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kalimantan Utara. Tepatnya pada hari Selasa (19/10/2021) dalam rangka mengunjungi hutan mangrove serta wawancara dengan Reuters.

Supian menambahkan, kedatangan Jokowi di Kalsel tidak hanya untuk meresmikan Jembatan Alalak. Selain itu, Presiden juga akan meresmikan pabrik biodiesel yang dikelola PT Jhonlin Agro Raya, serta meninjau vaksinasi massal.

BACA JUGA: Jika Menindak Tegas Truk Melintas di Jembatan Sei Alalak, Rosehan : Moge Ditilang Dulu!

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Selatan, Syauqi Kamal, mengatakan sampai saat ini belum menerima pemberitahuan dari pusat ihwal peresmian. “Kalau kabar itu benar, kami selalu siap,” ujarnya singkat.

Jembatan Alalak digarap sejak 2018 hingga mengubah arus lalu lintas. Mega Proyek jembatan baja lengkung milik Kementerian PUPR ini menghubungkan Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayutangi Banjarmasin dengan Jalan Trans Kalimantan Handil Bakti, Barito Kuala (Batola).

BACA JUGA: Dampak Euforia Publik di Jembatan Sei Alalak Picu Kemacetan di Bundaran Kayutangi

Jembatan itu juga sudah dilakukan uji kelayakan jembatan baru garapan konsursium PT Wijaya Karya-PT Pandji selama dua hari, 30-31 Agustus 2021.

Jembatan Alalak dengan bentang utama sepanjang 850 meter dengan model cable-stayed dan struktur jembatan lengkung dan pertama di Indonesia, dibangun dengan formula dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) senilai Rp 278 miliar dengan kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Pandji, KSO dengan skema pekerjaan tahun jamak (multiyears), digarap sejak 2018 dan rampung pada pertengahan 2021. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.