Harjad HSU Ke 69, Safrizal Minta HSU Fokus Pengembangan Pertanian

0

KABUPATEN Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki potensi besar di pertanian dan perikanan. Kondisi ini merupakan peluang besar bagi kabupaten yang berusia 69 tahun ini, jika dioptimalkan pemanfaatannya melalui program dan inovasi yang tepat.

KARENANYA, Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyarankan Pemkab HSU lebih memaksimalkan peningkatan sektor pertanian untuk mengangkat perekonomian daerah setempat. Hal itu diutarakan Safrizal pada peringatan Hari Jadi (Harjad) ke 69 (1952 – 2021) di Mess Negara Dhipa Amuntai, Sabtu (1/5/2021).

Apalagi lanjut Safrizal, HSU berada pada lokasi yang tidak jauh dengan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur.

Dikatakan, usia 69 adalah masa potensial untuk berbuat lebih baik untuk masyarakat. Karena tidak ada istilah tua dalam berbuat untuk pembangunan. “Bila ingin ikut ambil bagian, harus berbuat dan menjadi salah satu daerah pemasok kebutuhan masyarakat di Kaltim,” ujarnya.

BACA: Selain padi, Kabupaten HSU Kembangkan Hortikultura

Potensi pertanian yang besar di HSU dapat dilihat dari kemampuan daerah ini mencukupi kebutuhan pangan yang cukup, kendati masa pandemi covid-19.

Sementara, lahan untuk bidang di pertanian masih banyak belum digarap. Pemkab HSU menggelar peringatan Harjad ke 69 (1952 – 2021) di Amuntai, dan juga disiarkan secara langsung (live streaming) melalui jaringan televisi lokal dan youtube.

Di Mess Nagara Dhipa Kantor Bupati HSU, acara dengan penerapan protokol kesehatan ketat itu tidak lebih 20 orang/undangan, termasuk Bupati/Wakil Bupati HSU, Abdul Wahid dan Husairi Abdi.

Tarian penyambutan kedatangan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA pun disuguhkan melalui rekaman video.
Bupati HSU, Abdul Wahid dalam sambutannya mengatakan, kendati digelar sederhana, peringatan Harjad HSU tetap dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan penghargaan yang tinggi kepada para pelopor/pejuang pembentukan Kabupaten.

BACA JUGA: Pemkab HSU Tetap Rayakan Harjad di Tengah Pandemi Covid-19

“Karena sinergitas semua lapisan masyarakat di HSU berjalan dengan baik, sehingga memudahkan proses pembangunan di HSU dan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Disadari, TA 2020 dan 2021 merupakan masa yang sulit bagi Pemkab HSU karena harus melakukan pangkasan anggaran untuk penanganan covid -19.

Acara dirangkai dengan penandatanganan prasasti sejumlah proyek yakni proyek rekonstruksi penahan banjir Desa Kotaraja Kecamatan Amuntai Selatan, proyek peningkatan jalan Danau Panggang Banirik, proyek peningkatan jalan pasar Sabtu Danau Panggang, dan proyek peningkatan Jalan Palampitan Hilir – Alabio, serta pencanangan pembangunan RSUD Pambalah Batung Amuntai di Muara Tapus.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.