190 Peserta Ikuti Tahapan Seleksi Calon Paskibraka Tahun 2024

0

SEBANYAK 190 peserta dari SMA Sederajat di wilayah Kabupaten Barito Utara, mengikuti tahapan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024, di gedung balai Antang Muara Teweh, Kamis (7/3/2024).

PENJABAT Bupati Barito Utara, Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala Badan KesbangPol Kabupaten Barito Utara, Rayadi mengatakan, ke-190 orang peserta tersebut dinyatakan lulus administrasi. Selanjutnya berhak mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Kabupaten Barito Utara Tahun 2024.

“Semoga ananda sukses mengikuti seleksi Paskibraka dengan baik, serta menjadi utusan Kabupaten Barito Utara di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan tingkat Nasional di IKN,” kata Kaban KesbangPol, Rayadi.

Dikatakannya, pada hari ini Pemerintah Kabupaten Barito Utara melaksanakan tahapan seleksi calon peserta paskibraka yang nantinya akan melaksanakan tugas menjadi pengibar bendera pada tanggal 17 Agustus 2024.

“Semuanya tentu harus diperjuangkan sejak dini, selain memerlukan pengorbanan, juga disertai niat, tekad, semangat, kerja keras, keuletan serta ketekunan dari seluruh peserta,” kata dia lagi.

Pj Bupati juga mengatakan kepada peserta calon Paskibraka agar dapat mengikuti seleksi dengan sungguh-sungguh, siapkan mental dan fisik dan juga kesehatan selama mengikuti tahapan seleksi.

Lebih lanjut Pj Bupati program paskibraka ini merupakan kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila. Dilaksanakan melalui pembinaan kepemimpinan, keterampilan, dan kedisiplinan yang menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, dan peningkatan wawasan kebangsaan kepada putra dan putri terbaik bangsa.

Pj Bupati juga berharap peserta mampu memberikan pengaruh positif baik di lingkungan tempat tinggalnya maupun dalam pergaulan di masyarakat, serta mampu menjadi ujung tombak penjaga ideologi Pancasila, membangun persatuan bangsa, pertahankanlah persaudaraan dan kekompakan ketika melangkah kedepan menuju masa depan yang lebih baik.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati melalui Kaban KesbangPol mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah, para pembina/pembimbing yang ikhlas membimbing siswa-siswi terbaik calon anggota paskibraka.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaran seleksi calon paskibraka ini agar selektif dan berlaku adil dalam pelaksanaannya,” imbuhnya.

Kepala KesbangPol Barito Utara Rayadi usai pembukaan seleksi kepada awak media mengatakan pembentukan Paskibraka Tahun 2024 sekarang ini sudah memasuki tahapan seleksi.

Dimana tahapan pertama didahului seleksi administrasi dan yang lulus sebanyak 190 orang dari berbagai sekolah STLA/Sederajat se Kabupaten Barito Utara, serta sekarang dilaksanakan tes PIP dan TIU secara online yang nanti hasilnya langsung terlihat di HP perserta masing-masing pelajar yang seleksi.

“Dalam seleksi ini para peserta harus bisa memenuhi standar kelulusan yang ditentukan oleh BPIP. Setelah itu terus berproses yang dilanjutkan dengan tes kesehatan dan parade,” kata Rayadi.

Dikatakannya, pembentukan paskibraka bukan saja persiapan untuk pengibaran sang saka merah putih saja tetapi mereka juga terus dibina oleh Pemerintah secara berkelanjutan untuk di persiapkan menjadi pemimpin masa depan yang berkreakter Pancasila, berwawasan kebangsaan dan lain sebagainya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.