Banyak Laporan Kecelakaan, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Seputaran Lapangan Murjani

0

KEPALA Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie mengakui banyak laporan soal kecelakaan yang menjadi dasar dalam pengambilan rekayasa lalu lintas di kawasan Lapangan Dr Murjani.

BERAWAL dari ide Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin yang akrab disapa Ovie, rekayasa lalu litans di depan Kantor Balai Kota, Jalan Panglima Batur serta kawasan Lapangan Murjani.

Ide awalnya adalah memangkas jarak dan waktu bagi pengendara jalur lurus dengan tidak lagi harus memutar Lapangan Murdjani. Kemudian, mengurangi kepadatan Lapangan Murdjani dan polusi asap kendaraan di seputaran Lapangan Murjani yang secara tidak disadari berdampak pada kesehatan warga masyarakat yang berjualan maupun yang biasa bersantai di PG atau JB. 

“Nah, hal ini yang menjadi pokok persoalan dalam konsep uji coba pengaturan ulang lalu lintas tersebut. Di kawasan lapangan Dr Murjani, rekayasa yang dibuat agar mengurangi aspek kecelakaan, kemacetan serta asap pengendara bermotor,” ucap Ahmad Yani Makkie kepada jejakrekam.com, Kamis (1/4/2021).

BACA : Terapkan Protokol Kesehatan, PKL Lapangan Murjani Tetap Beraktivitas di Tengah Pandemi

Menurut dia, rekayasa ulang lalu lintas ini bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di sekitaran kawasan Lapangan Dr Murjani, dan akibat ketidakdisiplinan pengendara yang kerap memotong jalan dan melawan arus.

“Hal ini selalu dikeluhkan masyarakat pengguna jalan lainnya,” ucap Yani Makkie, sapaan akrabnya.

Terlihat puluhan road barrier tersusun rapi di kawasan jalan Lapangan Dr Murdjani, tepatnya di depan kantor Pemkot Banjarbaru. Polisi nampak tengah mengatur lalu lintas serta percobaan rekayasa mobil patroli melintasi bagian alur jalan yang bakal difungsikan selama 7 hari ke depan.

Rekayasa ini, ditegaskan Yani, dalam rangka untuk keselamatan lalu lintas yang nantinya konsep tersebut bersifat dinamis. “Ini akan terus kami evaluasi setiap harinya,” ujarnya.

BACA JUGA : Edukasi Protokol Kesehatan, Polres Banjarbaru Sasar Warga Di Lapangan Murjani Dan Pos Kamling

Yani mengatakan konsep rekayasa ulang lalu lintas ini merupakan inisiatif dari Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin. Ia menyampaikan dengan tujuan untuk memangkas jarak dan waktu perjalanan, serta memperlancar arus lalu lintas di ruas jalan tersebut.

“Arus lalu lintas di seputaran kawasan Lapangan Dr Murjani dan Jalan Panglima Batur pada sejak hari ini, Kamis (1/4/2021) hingga tujuh hari ke depan direkayasa ulang oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Banjarbaru, serta Forum Lalin Kota Banjarbaru,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.