Pikat Wisatawan, Tiga Objek Wisata Unggulan di Barito Utara Terus Dikembangkan

0

TIGA objek wisata unggulan daerah terus dikembangkan Pemkab Barito Utara untuk wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah agar bisa berkunjung ke kabupaten di daerah aliran sungai (DAS) Barito.

DI KABUPATEN Barito Utara, ada 52 destinasi wisata yang tersebar di 9 kecamatan. Namun, ada tiga destinasi wisata andalan yang terus dipermak.

Plt  Kepala Disbudparpora Barito Utara, Hj Annisa Cahyawati, mengatakan tiga objek wisata di daerah ini yang menjadi objek wisata andalan Kabupaten Barito Utara telah menjadi salah satu sumber pedapatan asli daerah (PAD).

“Ketiga objek wisata unggulan Kabupaten Barito Utara ini adalah Danau Trinsing dan Bumi Perkemahan Panglima Batur masing-masing berada di Kecamatan Teweh Selatan. Kemuudian, Air Terjun Jantur Doyan di Kecamatan Lahei Barat di Kilometer 18 Jalan Negara Muara Teweh-Puruk Cahu,” kata Hj Annisa kepada awak media di Muara Teweh, Jumat (18/12/2020).

BACA : Ini Konsep Pengembangan Pulau Bromo, dari Ekowisata hingga Usulan Ada Lapangan Golf

Menurut dia, pembangunan kepariwisataan sebagaimana pembangunan di sektor lainnya pada hakikatnya melibatkan peran dari seluruh pemangku kepentingan. Mereka itu adalah pemerintah, swasta dan masyarakat yang ada, dengan segenap peran dan fungsinya masing-masing.

“Sektor pariwisata di daerah ini diharapkan dapat mengangkat kehidupan masyarakat, karena sektor ini mampu menggerakkan roda perekonomian di segala lapisan masyarakat dan berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Selain itu, menurut Annisa, mampu mendorong pertumbuhan dan pengembangan wilayah. Namun, papar dia, dalam upaya pengembangan pariwisata yang dilaksanakan oleh pemerintah sangat membutuhkan dukungan penuh dan partisipasi aktif dari masyarakat itu sendiri.

BACA JUGA : Dorong Petani Milenial, Bank Kalsel-Disdik HSS Resmikan Desa Agrowisata Edukasi

“Sebagai upaya untuk membangun dukungan dan partisipasi masyarakat tersebut, pemerintah secara sistematik dan terus menerus. Kamijuga berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak terhadap pengembangan sektor kepariwisataan,” bebernya.

“Kepariwisataan ini menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah Kabupaten Barito Utara untuk lima tahun ke depan. Untuk itu mari kita bersama-sama memajukan objek wisata kita. Mundahan dengan kerjasama yang baik seluruh cita-cita untuk membangun daerah khusus di sektor pariwisata akan tercapai, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan membangun daerah kita ini,” pungkas Annisa.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.