Kenang Peristiwa Bersejarah, Wabup HSS Janji Segera Renovasi Monumen Munggu Raya

0

MONUMEN Munggu Raya yang sangat bernilai historis tinggi terkait dengan perjuangan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan bergabungnya Kalimantan Selatan ke NKRI, kondisinya kini memprihatinkan.

RENCANA untuk merenovasi pun disuarakan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad. Ia mengakui rencana renovasi Monumen Munggu Raya di Desa Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya, segera dilakuklan pemerintah daerah.

Syamsuri yang juga Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Hulu Sungai Selatn (HSS) saat memberi sambutan pelantikan Dewan Harian Ranting (DHR) 45 di Lapangan Basket Kandangan, Kamis (17/12/2020).

Ia menyebut rencana renovasi Monumen Munggu Raya menjadi penting karena di lokasi itu patut dikenang, karena ada peristiwa bersejarah berskala nasional dan internasional.

Syamsuri menceritakan pada 2 September 1949, dampak dari perjuangan rakyat Kalimantan yang dipimpin Brigjen H Hasan Basry, memaksa Belanda untuk melakukan perundingan dengan ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

BACA : Proklamasi 17 Mei 1949, Perjuangan Borneo Bagian Selatan Menjadi Indonesia

“Justru penengahnya dari Komisi Tiga Negara di mana melahirkan perjanjian kesepakatan antara Pemerintah Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dengan Belanda, turut hadir Jenderal Soeharjo selaku perwakilan RI dan perwakilan Komisi PBB untuk Indonesia atau UNCL,” papar politisi PKS ini.

Karenanya, menurut Syamsuri, Pemkab HSS akan segera melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan tugu Munggu Raya. “Semoga saja bisa diresmikan pada waktunya nanti,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis A Firman
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.