Dorong Petani Milenial, Bank Kalsel-Disdik HSS Resmikan Desa Agrowisata Edukasi

0 124

JAJARAN Bank Kalsel bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Hulu Sungai Selatan (HSS) mencanangkan kawasan agrowisata edukasi bertempat di Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten HSS, Kamis (12/11/2020).

KEPALA Bank Kalsel Cabang Kandangan, Syamsir, menyampaikan desa ini akan menjadi tempat belajar dan melahirkan petani-petani baru. Ia menyebut mereka dengan istilah petani milenial.

Dijelaskan Syamsir, Bank Kalsel siap memfasilitasi dan memberikan bimbingan teknis pengelolaan keuangan berbasis usaha sektor pertanian. Desa Mandala diharapkannya mampu menjadi pilot project program ini.

BACA JUGA: Optimasi Lahan Pertanian Genjot Stok Beras Di Kalsel Surplus Lebih 1 Juta Ton

Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarruddin, mengatakan program-program Bank Kalsel di sektor pertanian merupakan salah satu komitmen dan upaya Bank Kalsel untuk terus mengembangkan daerah Kabupaten HSS.

Agus menambahkan, Bank Kalsel berkomitmen bersama-sama pemerintah daerah untuk mendukung ketahanan pangan, apalagi dimasa pandemi COVID-19 ini. Jika kebutuhan pangan tidak terpenuhi, dirinya takut ekonomi akan semakin terpuruk.

BACA JUGA: Pemprov Kalsel Optimistis Target Produksi 1,9 Juta Ton Padi Tercapai

Ia pun menaruh harapan dengan pencanangan Desa Mandala sebagai kawasan agrowisata edukasi dapat terus bergulir.

Untuk mengatasi permasalahan petani, pihaknya siap meningkatkan literasi finansial petani, memberikan insentif berupa dukungan kemudahan dalam proses produksinya, memastikan pembelian akan hasil panen dengan harga wajar, serta membantu menghindari pengalihfungsian lahan pertanian. (jejakrekam)

Penulis A Firman
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.