Pra TMMD di Desa Sarang Burung, Kodim Amuntai Terjunkan 20 Personel ke Lapangan

0

DESA Sarang Burung, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), selama ini menjadi desa tertinggal dan terisolir. Kondisi ini pun ingin diterobos TNI lewat program program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), demi memuk akses.

DANDIM 1001/Amuntai Letkol INF Ali Ahmad Satriyadi melalui Pasi Teritorial Kapten Info Suroto mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-109 akan digeber pada September 2020.

“Meskipun belum secara resmi dilaksanakan, namun beberapa personel telah berada di lokasi TMMD di Desa Sarang Burung untuk melakukan segala persiapan,” ujar Kapten Info Surotodi Aula Kodim Amuntai, Kamis (3/9/2020).

Dipilihnya Desa Sarang Burung, karena termasuk desa tersulit akses transportasi darat, Terutama, saat musim banjir semua jalan tergenang air, hanya menggunakan titian seadanya yang dibuat masyarakat secara swadaya. Akses ini pun digunakan warga untuk keluar masuk desa.

BACA : Komsos Kreatif 2020, Kodim 1001/Amuntai-Balangan Laksanakan Pagelaran Tari

Untuk jumlah personel yang akan dilibatkan, sebanyak 110 orang, terdiri dari TNI dan Polri serta dibantu masyarakat. Yang sudah melaksanakan kegiatan pra TMMD ke-109 tahun 2020 hari ini, ada sebanyak 20 orang dan dibantu masyarakat 15 orang.

Di antaranya, kegaitan pra TMMD melakukan pembersihan alat kerja dan pelangisiran atau pengakutan material untuk siring. “Target panjang siring kurang lebih 251 meter, penimbunan jalan sepanjang 251 meter dan lebar jalan 5 meter,” ucapnya.

BACA JUGA : Jalin Kemitraan, Dandim 1001/Amuntai Dan Polres HSU Pelopori Pengijauan

Selain itu, Info Surotodi mngatakan, sasaran tambahan TMMD, yakni rehab satu unit musholla, ada juga rehab dua unit rumah penduduk. “Termasuk kegiatan komunikasi sosial (momsos pada warga masyarakat,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.