Komsos Kreatif 2020, Kodim 1001/Amuntai-Balangan Laksanakan Pagelaran Tari

0

DALAM rangka Komunikasi Sosial (komsos) kreatif 2020, Kodim 1001/Amuntai-Balangan menggelar pagelaran tari khas Kalimantan, di Gedung Sanggam Kecamatan Paringin.

DANDIM
1001 Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi menjelaskan, kegiatan lomba tersebut merupakan pembinaan TNI-AD yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berkreativitas dan berkarya, serta menjadi generasi penerus yang kreatif, cinta tanah air, berwawasan kebangsaan dan menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

“Penggelaran tari khas Kalimantan ini bertujuan untuk membentuk sikap kreaktif, inovatif dan adaptif,” Ujar Dandim 1001/Amuntai-Balangan.

Lebih lanjut, Letkol Ali Ahmad Satriyadi mengatakan, parade tari khas Kalimantan ini, tetap menggunakan Protokol kesehatan covid 19, seperti menggunakan Masker, cuci tangan dan menjaga jarak .

Sebanyak 7 grup yang diikuti oleh sanggar seni dan Sekolah Tingkat Atas (SMA) Se-Kabupaten Balangan tersebut, berlomba dalam pagelaran tari Khas Kalimantan yang nantinya akan di ikut sertakan di tingkat Provinsi.

“Untuk pemenang pada pergelaran tari khas Kalimantan ini, akan di ikut sertakan di tingkat Provinsi. Semoga kegiatan ini tetap bermakna dan tidak mengurangi nilai sosial budaya yang terkandung dalam sebuah tarian, meski harus menerapkan protokol kesehatan Covid 19,”

Senada dengan hal itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kab Balangan, Mariana yang sekaligus dewan juri dalam pagelaran tersebut sangat mendukung kegiatan parade tari khas Kalimantan, terlebih lagi seluruh peserta selalu mematuhi protokol Kesehatan Covid 19.

“Dengan adanya kegiatan ini, tentu akan membuat anak anak sangat antusias dalam menggali nilai nilai sosial dan budaya daerah yang terkandung dalam sebuah tari,” ujarnya

Untuk Juara pertama diraih perwakilan kecamatan Halong, juara kedua Sanggar seni Balida Satria dan ketiga sanggar seni Wadian Tambai, serta untuk busana terbaik jatuh pada sanggar Wadian Tambai Halong.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.