Berry Urung Terima SK Rekomendasi Parpol Pengusung? PKPI Sebut Ada Kejutan di Last Minute

0

LANGKAH Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Berry Nahdian Forqan untuk berlaga di suksesi 2020, masih belum mulus. Ini setelah, Ketua DPC PDI Perjuangan HST ini dikabarkan belum juga mengantongi surat rekomendasi dari parpol pengusung.

SAAT ini, Berry Nahdian Forqan yang juga Sekretaris PWNU Kalsel ini hanya mengantongi dua rekomendasi partai politik, PDIP dan PKPI. Totalnya hanya bermodal tiga kursi di DPRD HST hasil Pemilu 2019.

Praktis, Berry masih membutuhkan tiga kursi tambahan agar bisa memenuhi syarat batas minimal, 20 persen dari total 30 kursi DPRD HST. Sementara, mayoritas kursi parpol pengusung telah diborong Wakil Ketua DPRD HST, Saban Effendi yang menggandeng Habib Abdullah Alyadrus (Habib Didil).

Meski gencar isu yang berkembang bahwa PPP mengeluarkan komendasi untuk mengusung Berry. Namun hingga detik ini, partai berlambang Ka’bah belum mengeluarkan keputusan final. Tiga kursi PPP di DPRD HST menggenapi syarat minimal guna bisa maju berlaga di Pilkada HST.

BACA : Resmi Diusung Golkar-Nasdem di Suksesi HST, Saban Effendi Jajaki Koalisi Besar

Dikonfirmasi ,Wakil Sekretaris DPW PPP Kalsel  Taufiqur Rahman irit bicara. Ia hanya menyatakan belum ada keputusan dari DPP PPP.

Dia mengatakan hingga detik ini perkembangan peta politik di Bumi Murakarta masih dinamis, sehingga kocok ulang koalisi kemungkinan besar masih bisa terjadi.

“Mungkin kita masih menunggu (keputusan) hingga Minggu (6/9/2020) pukul 12 siang,” kata Taufiqur Rahman kepada jejakrekam.com, Rabu (2/9/2020).

Meski belakangan, PPP dikabarkan telah digenggam Saban Effendi-Habib Didil. Namun, hal ini belum juga ada hitam putihnya. Bahkan, sebelumnya, Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha pun enggan membeberkan arah sokongan partainya di suksesi HST 2020 mendatang.

Terpisah, Sekretaris DPP PKPI Kalsel Ahmad Zaki menutup rapat informasi soal parpol pengusung yang bakal mengusung Berry Nahdian Forqan.

BACA JUGA : Elektabilitas Tinggi, PKPI Bulat Usung Berry Jadi Cabup HST

Zaki menyebut akan ada kejutan di last minute sebelum penutupan pendaftaran calon Bupati-Wakil Bupati HST di KPU. Ia menyiratkan belum keluarnya rekomendasi dari partai lain, karena ada tarik ulur untuk mengisi posisi calon wakil bupati.

“Nanti pendaftaran calon bupati-wakil bupati, Insya Allah pada jam 10 Minggu (6/9/2020) malam, ada kejutan. Tunggu saja,” imbuh Zaki.

Sementara itu, jejakrekam.com mencoba menghubungi Berry Nahdian Forqan. Namun, sayangnya, hingga berita ini ditayangkan, mantan Direktur Eksekutif Walhi Nasional ini belum merespon, termasuk pesan pendek yang dikirim belum ada balasan.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.