ACT

Tolak RUU HIP, Aliansi Rakyat Lambung Mangkurat Motori Aksi Demo Jumat Besok

0 406

AKSI menuntut pembatalan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang ditunda DPR RI dan Maklumat MUI Nomor Kep-1240/DP-MUI/VI/2020, mulai menjalar ke Kalimantan Selatan.

KALI ini, massa yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Lambung Mangkurat (Arbal) memastikan akan menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Kalimantan Selatan, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Jumat (10/7/2020) besok.

Wakil Ketua Arbal, Syahmardian mengungkapkan sebelum digelar aksi demonstrasi, massa akan berkumpul di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin, usai shalat Jumat, kemudian bergerak menuju ke Rumah Banjar-sebutan untuk gedung DPRD Kalsel.

BACA : Hasanuddin Murad : RUU HIP Jangan Bikin Gaduh Negeri di Tengah Pandemi

“Titik orasi akan dipusatkan di depan gedung DPRD Kalsel Jalan Lambung Mangkurat, usai shalat Jumat. Akan hadir dari berbagai massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Lambung Mangkurat,” ucap Ketua Ormas Sangga Banua ini kepada jejakrekam.com, Kamis (9/7/2020).

Ia memastikan dari hasil koordinasi aksi, unjuk rasa menuntut agar RUU HIP dicabut dan dibatalkan dari program legislasi nasional (prolegnas) akan diikuti sedikitnya 38 unsur dari berbagai ormas, LSM dan lainnya.

“Aksi ini murni gerakan moral rakyat Kaslel sebagai dukungan anak bangsa yang cinta NKRI sesuai yang dicita-citakan para pejuang pendiri Republik Indonesia ini yang dititipkan dari generasi ke generasi,” ucap aktivis Pemuda Pancamarga Kalsel ini.

BACA JUGA : Gelar Sosialisasi Empat Pilar, Habib Zakaria juga Ingatkan Bahaya RUU HIP

Syahmardian menegaskan dalam aksi di Rumah Banjar akan disampaikan pernyataan sikap rakyat Kalsel untuk menuntut pembatalan RUU HIP yang kontroversial itu.

“Kami juga mendukung maklumat MUI Pusat, apapun bentuknya yang akan mengubah Pancasila sebagai ideologi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” cetusnya.

Dengan aksi ini, Syahmardian berharap agar Pemprov dan DPRD Kalsel, termasuk wakil rakyat Banua di DPR RI dan DPD RI bisa satu suara menolak pembahasan RUU HIP.

BACA JUGA : Polemik RUU HIP: PDIP Sebut Tak Akan Ladeni Ideologi yang Bertentangan dengan Pancasila

“Bagaimana pun, RUU HIP itu akan menciderai kaidah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang sudah final. Kami menuntut agar RUU HIP dibatalkan dan dikeluarkan dari prolegnas DPR RI,” kata Syahmardian.

Ia juga mengimbau agar peserta aksi mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19, jaga jarak dan pakai masker, karena Banjarmasin masih zona merah virus Corona.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.