ACT

Penjualan Pernak-Pernik HUT Kemerdekaan RI Masih Sepi Pembeli

0 102

MENYAMBUT perayaan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75  pada 17 Agustus 2020 mendatang, pedagang musiman bendera merah putih dan umbul-umbul mulai marak memenuhi ruas jalan. Terkhusus di kawasan Pasar Baru, Jalan Pasar Baru, Banjarmasin.

BEBERAPA pedagang pun mendatangkan bendera dan umbul untuk perayaan HUT RI di kawasan Jalan Pasar Baru. Mereka menjual beraneka ukuran bendera, umbul-umbul serta pernak-pernik perayaan tujuhbelasan.

Arbayah salah satu pedagang bendera mengatakan untuk saat ini tak bisa memprediksi apakah omset penjualan akan meningkat atau malah turun. Sebab, ini masih awal bulan dan belum ada pembeli dari luar daerah yang datang.   

“Untuk saat ini omset penjualan berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per hari. Semoga ada peningkatan penjualan dalam beberapa hari ke depan,” ucapnya.

Sedangkan Fazeri pedagang lainnya yang menjual pernak-pernik hari kemerdekaan mengatakan hal yang sama. “Pesanan  dari sejumlah instansi dan perseorangan sudah mulai ada namun omsetnya tak terlalu besar,” ucapnya.

Untuk harga sendiri, ia mengatakan  umbul-umbul merah putih berukuran 3 meter seharga Rp 25 ribu per lembar. Lebih besar 4 meter ditawarkan seharga Rp 35 ribu. “Kebanyakan konsumen mencari Bendera Merah Putih untuk dipasang di depan rumah,” ucapnya.

“Bendera Merah Putih ukuran 1,8 meter dijual seharga Rp 75 ribu per lembar untuk harga eceran. Kalau untuk pembelian secara besar harga bisa lebih murah lagi,” ucapnya.

Pembelinya sendiri kata dia, kebanyakan berasal dari luar Banjarmasin seperti Batulicin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan daerah sekitarnya.   

Salah seorang pembeli dari Kotabaru, Sugianoor mengatakan sengaja berbelanja lebih awal karena pernak-pernik untuk memperingati hari kemerdekaan tersebut akan dijual kembali. “Biasanya penjualan akan ramai ketika sudah memasuki Bulan Agustus,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajudin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.