Bawaslu Ungkap IKP Jelang Pilkada, Forkopimda Kotabaru Siap Jaga Netralitas

0

JAJARAN Bawaslu dan KPU Kotabaru menggelar ekspose Indeks Kerawanan Pemilu (IKP)  dan verifikasi faktual dalam rapat koordinasi persiapan menghadapi Pilkada 2020 di Kantor Bupati Kotabaru, Kamis (9/7/2020).

BERSAMA KPU Kotabaru, jajaran pengawas pilkada pun melalui Ketua Bawaslu Kotabaru, Mohamad Erfan membeberkan IKP berdasar variabel dan fakta yang ada.

Ada beberapa variabel seperti sosial berada di angka 100 dan politik 69,29, infrastruktur dan pandemic masih berkisar di angka 85,37 hingga 55,08. Bahkan, Kotabaru tertinggi dibanding daerah yang juga menggelar pilkada di Kalsel, seperti Balangan, Hulu Sungai Tengah, Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin, dan Tanah Bumbu.

Cukup panjang, Erfan membeberkan hasil IKP terkait kerawanan pilkada hingga prosedur pengawasan di tengah pandemi virus Corona di hadapan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kotabaru.

BACA : Bersiap Menghadapi Pilkada Serentak, Polres Kotabaru Gelar Simulasi Sitem Pengamanan Kota

Sementara itu, Kapolres Kotabaru Andi Adnan Syafruddin menegaskan pihaknya bersama jajaran TNI siap menyukseskan pilkada di Kotabaru. Ia pn berharap agar semua stakeholders bisa menjalin komunikasi yang bagus.

Senada itu, Dandim 1004/Kotabaru Letkol Rony Fitriyanto menegaskan pihaknya sudah membantu Polri agar seluruh personel TNI, Polri dan ASN harus netral di Pilkada Kotabaru.

Sementara itu, Kepala Kejari Kotabaru Haryoko Ari Prabowo pun memastikan pihaknya akan siap membawa perkara tindak pidana pemilu (pilkada) dengan menerapkan UU Pilkada. “Jika perlu dengan tuntutan maksimal bagi para pelanggar UU Pilkada,” cetusnya.

BACA JUGA : Diatensi Bawaslu RI, Ada 7.910 Data Ganda Eksternal Calon Perseorangan Pilbup Kotabaru

Sekdakab Kotabaru Said Akhmat pun menekankan agar jajaran ASN di lingkungan Pemkab Kotabaru bersikap netral dalam pilkada ini.

“Khusus para camat agar membantu pihak penyelenggara di tingkat kecamatan, khususnya PPK dan Panwascam,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.