Membludak, Jamaah Shalat Jumat di Masjid Noor Banjarmasin Meluber ke Jalan Raya

0 182

HAMPIR tiga bulan lebih, peniadaan shalat Jumat berjamaah di masjid diberlakukan di sejumlah masjid di Kota Banjarmasin. Begitu ada pelonggaran, denyut peribadahan tiap jumat ini pun mulai terlihat kembali.

PEMBERLAKUKAN protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) cukup ketat di beberapa masjid. Bahkan, posko pun dibangun di depan masjid. Ini terlihat seperti di Masjid Al Mujahirin, Jalan HKSN yang memberlakukan wajib masker bagi para jamaahnya.

Sementara itu, di Masjid Noor, Jalan Pangeran Samudera yang menjadi pusat peribadahan kawasan pasar pun mulai dibuka untuk shalat Jumat.

Pembukaan masjid ini pun disambut gembira para pedagang di kawasan Pasar Sudimampir Raya, Pasar Cempaka, Pasar Baru dan Pasar Harum Manis. Bahkan, jamaah shalat Jumat pun sempat meluber ke jalan, walau tak seramai ketika wabah Corona belum menerpa.

BACA : Rumah Ibadah Dibuka Bertahap, Wisata Siring Sungai Martapura Tetap Ditutup

“Kami mengucap syukur, shalat Jumat berjamaah di masjid sudah bisa dilaksanakan kembali, karena sudah lama ditiadakan di masjid ini,” ucap salah satu pengurus Masjid Noor, H Rahman Hakim kepada jejakrekam.com, Jumat (5/6/2020).

Ia menegaskan sebelumnya sudah diberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, namun kini kembali diperketat. Setiap jamaah masuk pun harus dicek suhu tubuhnya. Termasuk, menyediakan tempat  cuci tangan dan sabun, hingga kewajiban para jamaah mengenakan masker.

Hanya saja, saat pelaksanaan shalat Jumat di masjid ini, belum terlihat pemberlakuan jaga jarak shaf antar jamaah.

“Semoga dengan kita bisa beribadah kembali, dalam doa kita agar wabah Corona ini agar segera berakhir. Jadi, kehidupan kita bisa normal kembali,” ucap H Rahman Hakim.

BACA JUGA : Atur Shaf Hingga 1 Meter, Masjid Agung Miftahul Ihsan Siap Gelar Shalat Jumat

Sementara itu, dalam khutbah pendeknya, KH Ahmad Supian mengingatkan agar jamaah shalat Jumat untuk selalu mengucap syukur kepada Allah SWT.

Mantan Rais Syuriah PWNU Kalsel ini pun mengingatkan para jamaah agar senantiasa berzikir di wabah Corona, terkhusus lagi menjaga kesehatan serta menaati protokol pencegahan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.