Atur Shaf Hingga 1 Meter, Masjid Agung Miftahul Ihsan Siap Gelar Shalat Jumat

0

MASJID Agung Miftahul Ihsan yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari, Kecamatan Banjarmasin Tengah, dibuka kembali untuk kegiatan shalat berjamaah setelah sebelumnya lama ditutup karena pemberlakuan PSBB.

MENURUT Wakil Ketua Bidang Imarah Masjid Agung Miftahul Ihsan Banjarmasin, Ahmad Jaderi, pihaknya sudah menyiapkan protokol kesehatan seperti memisahkan saf dengan jarak 1 meter, serta tandon untuk cuci tangan jemaah. Selain itu, pengurus juga sudah mengantongi alat pengukur tubuh sebanyak tiga unit.

“Kami juga sudah mengumumkan kepada para jamaah untuk membawa sajadah masing-masing dan kami imbau untuk menjaga jarak,” ujar Jaderi kepada jejakrekam.com, Rabu (3/6/2020).

Tak cuma itu, pihaknya juga sudah menyiapkan skema teknis dalam menjalankan protokol kesehatan saat pelaksanaan shalat jumat lusa mendatang, dengan menjaga tiga pintu masuk menggunakan alat thermo gun tersebut.

“Apabila saat pengecekan suhu tubuh nanti ada yang diatas standar dan terdapat indikasi covid, maka jamaah itu akan kita minta pulang dan mengkarantina mandiri,” ujarnya.

BACA: Rumah Ibadah Dibuka Bertahap, Wisata Siring Sungai Martapura Tetap Ditutup

Jaderi mengatakan, pihak pengelola masjid tinggal menunggu izin dari aparat keamanan setempat seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menjalankan shalat jumat pada lusa mendatang.

“Kemudian jika sudah mereka izinkan tentang kesiapan kami itu, maka akan kami laksanakan pada jumat ini. Apalabila belum dinyatakan siap, maka pada jumat (12/6/2020) mendatang,” tuturnya.

BACA JUGA : Bikin SE, Walikota Ibnu Sina Tegaskan Bukan New Normal, Hanya Tanggap Darurat Pasca-PSBB

Meski sudah diizinkan untuk menjalankanshalat Jumat lagi, Jaderi berpesan kepada para jamaah Masjid Agung Miftahul Ihsan Banjarmasin, untuk menjalankan protokol kesehatan dengan baik demi mencegah penyebaran Covid-19.

Sekadar diketahui, selain Masjid Agung Miftahul Ihsan, setiap masjid Jami masing-masing Kecamatan di Kota Seribu Sungai serta Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin juga akan dijadikan rumah ibadah percontohan bagi umat muslim di ibukota Kalsel dalam menjalankan shalat jumat berjamaah kembali. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.