Dinas ESDM Kalsel Bantu APD dan Sembako

0

DINAS Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) bersama Forum Kepala Teknik Tambang dan Forum Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat memberikan berbagai jenis bantuan untuk penanggulangan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Barito Kuala (Batola).

BANTUAN yang diserahkan melalui Kepala Bidang Mineral dan Batubara (Minerba) Dinas ESDM Kalsel, A Gunawan Harjito langsung diterima Sekdakab Batola H Abdul Manaf di halaman Kantor Bupati Batola, Kamis (30/4/2020) kemarin.

BACA: Gandeng Perusahaan Tambang, Dinas ESDM Kalsel Serahkan Donasi Covid-19 untuk IDI Banjar

Bantuan yang diberikan berupa 4 buah fasilitas cuci tangan, 200 buah alat pelindung diri (APD), 200 buah masker dan bantuan paket sembako sebanyak 100 paket.

A Gunawan Harjito mengungkapkan, bantuan merupakan hasil kerjasama Dinas ESDM Kalsel bersama Forum Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Sektor Pertambangan Minerba dan Forum Kepala Teknik Tambang Kalsel dalam mendukung penanggulangan Covid-19.

“Hari ini kami hadir dalam rangka rasa empati, utamanya dari kawan-kawan pertambangan ada bilang rasa punya keinginan untuk menyampaikan sumbangan. Jadi rasa empati dari kawan-kawan, kami koordinir untuk bisa disampaikan ke yang sangat membutuhkan,” katanya.

Gunawan mengutarakan, pemberian bantuan seperti ini juga sudah dilaksanakan di daerah lainnya seperti ke Tanah Laut, Tapin, dan beberapa tempat, termasuk Pemerintah Provinsi Kalsel yang juga sudah banyak diberikan.

Sebenarnya, sebut Gunawan, bentuk-bentuk bantuan seperti ini juga banyak dari pihak-pihak mandiri terutama bagi perusahaan-perusahaan tambang yang memegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) termasuk PKB2B.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Batola, H Abdul Manaf, mengucapkan terima kasih yaang sebesar-besarnya kepada Dinas ESDM Provinsi Kalsel yang telah bekerja menghimpun seluruh perusahaan untuk berempati memberikan berbagai bantuan kepada Batola.

Manaf mengatakan, bantuan yang diberikan tentunya sangat bermanfaat. Apalagi Batola tengah mempersiapkan penerapan PSBB yang jika terlaksana tentunya membutuhkan konsekuensi termasuk kesiapan sarana prasarana kesehatan, APD, jaring pengaman sosial termasuk sembako dan lainnya.

BACA JUGA: Dukung Tenaga Medis, Dinas ESDM Kalsel Beri Ratusan Paket APD

Karenanya, dengan adanya bantuan Dinas ESDM bersama pihak-pihak yang terlibat, sebutnya, akan sangat bermanfaat dalam menunjang ketersediaan sarana yang dibutuhkan.

Manaf mengutarakan, bantuan yang diberikan ESDM Provinsi ini nantinya akan diserahkan ke pihak Gugus Tugas dalam penyalurannya. Mengingat pihak Gugus Tugas paling mengetahui dan memahami kondisi masyarakat.

“Yang jelas seluruh daerah yang terdampak akan mendapat perhatian bantuan termasuk peralatan baik berasal dari pemerintah daerah maupun yang berasal dari bantuan masyarakat,” tandas dia.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.