Gubernur Panen dan Tanam Padi di Desa Sampurna

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengikuti panen padi lokal, serta tanam perdana padi unggul di Desa Sampurna, Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala, Rabu (03/11/2021).

PANEN sekaligus tanam di lahan Kelompok Tani (KT) Bunga Padi seluas 87 hektar ini, dilakukan gubernur bersama Bupati Batola Hj Noormiliyani AS usai memantau kegiatan Vaksinasi Bergerak yang digelar di Kantor Desa Tabing Rimbah Kecamatan Mandastana.

Padi yang dipanen berasal dari jenis Karang Dukung. Sementara bibit padi yang ditanam kembali, berasal dari jenis unggul Inpara 2.

Sebelum panen dan tanam dilaksanakan, Gubernur Sahbirin Noor terlebih dahulu mencoba alat pengolah tanah yang berasal dari Rotari Vator.

BACA: Paman Birin Bantu Petani Jeruk Batola Rp 1,9 miliar

“Panen kali ini merupakan terakhir untuk padi tahunan, sekaligus mengawali tanam padi unggul berjenis Inpara 2,” tutur Kepala Dinas TPH Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman.

“Batola andalan pangan Kalsel, kendati sempat terkena banjir namun tetap bisa panen walaupun yang ini merupakan penundaan akibat banjir beberapa bulan yang lalu,” sambungnya.

Syamsir menjelaskan, kedepannya Batola akan menjadi perhatian untuk menjadi area pertanian modern dan pelaksanaannya akan dicoba di Kecamatan Mandastana. Kadis TPH Kalsel ini menyatakan kesiapannya seandainya nanti betul-betul terwujud.

“Pak menteri sangat perhatian dengan Batola untuk menyambut port estate yang ada di Kapuas dan Pulang Pisau agar menjadi sentra, dalam rangka mendukung 2024 menjadi ibukota negara dan Kalsel sebagai pemasok pangannya,” katanya.

Panen dan tanam di Desa Sampurna ini juga dirangkai pemberian bibit jeruk varietas Siam Banjar sebanyak 124.000 batang untuk para petani jeruk terdampak banjir seluas 624 hektar yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor kepada Bupati Batola Noormiliyani dan Kelompok Tani Bunga Padi, Kelompok Tani Budi Berkat, dan Kelompok Tani Berkat Mulia.

BACA JUGA: Hadiri Panen Raya di Batola, Pj Gubernur Kalsel: Kita Tak Perlu Lagi Beras Impor

Bersamaan ini pula Bupati Batola Noormiliyani memberikan bantuan bibit cabe kepada petani di Desa Sampurna yang diserahkan secara kepada Kelompok Tani Bunga Padi 2 dan Kelompok Tani Raudhah. Selain itu bupati juga menyerahkan bantuan traktor kepada Pokja Taruna Jaya.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyatakan, Pemprov Kalsel terus berusaha mendorong petani untuk terus menggalakan pertanian padi. Mengingat hasil produksinya sangat penting untuk keberlangsungan hidup.

“Karenanya, jika pemerintah memberikan perhatian tinggi terhadap pertanian tentunya menjadi suatu keharusan,” sebut gubernur.

“Anda bisa bayangkan seandainya tidak ada beras. Karena itulah sehingga saya katakan satu biji beras saja mempunyai arti yang sangat besar,” selorohnya.

Terkait adanya bantuan jeruk, gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu mengutarakan, diberikan karena akibat dilanda banjir beberapa waktu lalu tanaman jeruk yang ada di wilayah Batola maupun Kabupaten Banjar nyaris semuanya mati.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.