Hadiri Panen Raya di Batola, Pj Gubernur Kalsel: Kita Tak Perlu Lagi Beras Impor

0

PENJABAT Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, menghadiri panen raya padi unggul seluas 250 hektare di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Batola, Rabu (24/2/2021).

BERSAMA Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kalsel, Syamsir Rahman, serta pejabat lainnya, Safrizal mengawali panen dengan mengoperasikan combine harvester.

Ia mengajak para petani setempat agar senantiasa bersyukur atas keberhasilan panen ini dengan menunaikan zakatnya.

“Batola memiliki potensi lahan pertanian seluas 553 ribu hektar, ini perlu terus dibina dan ditingkatkan baik oleh pemerintah setempat maupun pemerintah provinsi serta pusat,” katanya.

Menurut Safrizal, dengan keberhasilan surplus di bidang pertanian padi ini Kalsel tak perlu lagi masuk beras impor. “Kalsel tak perlu lagi beras impor karena mampu mencukupi kebutuhan beras sendiri,” kata dia.

Ia juga telah mengusulkan pembukaan jalan logistik kepada pemerintah pusat untuk mendukung Kalsel sebagai penyangga pangan ibukota negara (IKN) baru di Kaltim.

“Dengan surplus beras setiap tahun, saya yakin hal itu dapat kita realisasikan apalagi saat ini sudah terlaksana mekanisasi pertanian sehingga proses dan hasilnya semakin efektif serta efisien,” kata Safrizal.

BACA JUGA: Masuki Panen Raya, Bupati Batola Perintahkan DKPP Beli Padi Petani

Dengan diproyeksikannya Kalsel sebagai penyangga pangan IKN maka diharapkan dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Sementara Kadis TPH Kalsel Syamsir Rahman mengatakan panen di Beringin Jaya adalah panen perdana padi unggul di Batola. Selanjutnya akan disambung dengan panen padi lokal.

Batola adalah salah satu kabupaten surplus beras setiap tahun. Produksi beras di Batola sebanyak 400 ribu ton, kata Syamsir, dapat mencukupi kebutuhan se-Kalsel.

Total produksi beras Kalsel sebanyak 2,1 juta ton lebih pada 2020 sehingga terjadi surplus 1,7 juta ton. “Surplus beras itu digunakan untuk memasok kebutuhan di provinsi lain serta disimpan sebagai cadangan pangan di berbagai kabupaten,” bebernya.

BACA JUGA: Petani Dusun Jaya Desa Ambungan Panen Raya Bawang Merah Kualitas Terbaik

Dengan keberhasilan menjaga surplus produksi beras ini, Syamsir memastikan Kalsel siap menjadi penyangga bagi IKN di masa mendatang.

“Hal ini juga didukung Kebehasilan program Kementerian Pertanian di Kalsel seperti program Serasi, optimasi lahan serta food estate,” tambah Syamsir.

Sementara Wabup Batola Rahmadian Noor mengucapkan terima kasih atas upaya Pemprov Kalsel mendukung kemajuan pertanian di Batola.

“Terima kasih atas dukungan pemerintah provinsi sehingga Batola terus dapat meningkatkan sektor pertanian dan menjadi daerah penyangga beras,” ujar Rahmadian. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.