Warga Karendan Dan Haragandang Diedukasi Bahaya Karhutla

0

MEMBERIKAN edukasi tentang kebakaran hutan dan lahan menjadi upaya pencegahan yang efektif, seperti yang dilakukan Medco Energi Bangkanai Ltd.

EDUKASI tersebut disampaikan kepada masyarakat Desa Haragandang dan Karendan di Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Senin (01/11/2021).

Arif Rinaldi selaku VP Relations & Security Medco E&P mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan Medco Energi bersama Polsek dan Koramil Lahei, KPH Barito Hulu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Manggala Agni Wilayah IV Barito Utara.

BACA: Antisipasi Karhutla, Polsek Lahei Aktif Melaksanakan Patroli

Kegiatan ini juga dengan menggelar sosialisasi kepada masyarakat di Balai Pertemuan Desa Karendan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Arif, sinergi antara Medco Energi bersama Kepolisian, TNI, BPBD dan Manggala Agni diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan, penanggulangan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di lingkungan masyarakat sekitar.

“Kami berharap, upaya semua pemangku kepentingan dapat terlaksana demi keamanan dan kesehatan masyarakat di Barito Utara,” jelasnya.

Sosialisasi ini lanjut dia, merupakan kontribusi perusahaan kepada masyarakat untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis mengenai pengendalian kebakaran hutan dan lahan secara optimal, termasuk teknik pencegahan kebakaran di wilayah kerja dan fasilitas Medco Energi.

BACA JUGA: Bentuk Satgas Huma, Kodim Muara Teweh Bersiap Hadapi Ancaman Karhutla

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan materi mengenai Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah nomor 4 tahun 2021 tentang Pembukaan dan Pengelolaan Lahan Non Gambut Bagi Masyarakat Hukum Adat yang disampaikan oleh Kabid RR BPBD Barito Utara Rody Pandung.

Kemudian materi sosialisasi pembentukan kelompok Masyarakat Peduli Api disampaikan oleh Kepala Regu Manggala Agni, Koordinator Pencegahan dan Deteksi Dini, Daops Manggala Agni Kalimantan IV Muara Teweh Andi Irawan.

Andi Irawan sangat berterima kasih pada Medco Energi yang telah mendukung pembentukan masyarakat peduli api demi terwujudnya kondisi masyarakat agar terlindung dari ancaman dan dampak kebakaran hutan dan lahan.

“Harapan kita warga Desa Haragandang dan Karendan terus dapat beraktivitas tanpa terkendala ancaman dari bencana kebakaran hutan dan lahan,” tukas Andi.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.