Korban Kebakaran Desa Ipu dan Kelurahan Jingah Dapat Bantuan

0

PENJABAT Bupati Barito Utara, Muhlis menyambangi kediaman warga Desa Ipu, Kecamatan Lahei. Selain itu, kunjungan juga kepada warga di Jalan Revolusi RT 04, Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru yang beberapa waktu lalu mengalami musibah kebakaran.

KUNJUNGAN ini sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran. Rombongan disambut para korban kebakaran, Camat Lahei, Camat Teweh Baru, Lurah Jingah dan Kades Ipu beserta jajaran.

Berdasarkan data Dinas sosial PMD, musibah kebakaran di Desa Ipu RT 04, Kecamatan Lahei terjadi pada Senin 25 Desember 2023. Menghanguskan sebuah rumah milik Wandi.

BACA: Warga Korban Terdampak Kebakaran Desa Mukut Dapat Bantuan Pemkab Barito Utara

Kemudian di Jalan Revolusi RT 04, Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, kebakaran terjadi pada Senin 12 Februari 2024. Menghanguskan 2 rumah warga, milik Sumiati dan Hernawati, tanpa korban jiwa.

Bantuan untuk korban kebakaran tersebut diserahkan oleh Pj Bupati Muhlis, yang didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suparmi A Aspian, beserta unsur kepala perangkat daerah setempat.

Adapun bantuan yang diserahkan antara lain, berupa bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, kecap, indomie, gayung, handuk, susu, selimut, family kits.

Muhlis mengatakan, pemerintah daerah juga sudah mengalokasikan anggaran di Tahun 2023, maka di Tahun 2024 juga akan dialokasikan yang sama. Artinya yang terkena musibah kebakaran akan dibantu dana pembangunan rumah sebesar Rp 25.000.000, dan sekitar Rp 3.000.000 untuk perabotan di dalamnya.

BACA JUGA: Pemkab Barito Utara Bantu Korban Kebakaran

Harapannya, agar bisa mengurangi beban warga yang mengalami musibah kebakaran. “Kejadian seperti ini tidak terulang lagi, karena itu semua masyarakat harus tetap waspada terhadap bahaya kebakaran,” kata Muhlis.

Muhlis juga mengucapkan terima kasih kepada kades dan masyarakatnya, yang telah membantu warganya sebagai wujud toleransi dan kesetiakawanan terhadap warga yang terkena musibah.

“Saya ingatkan terus kepada masyarakat, untuk berhati-hati dengan listrik saat padam, penggunaan lampu teplok, atau lilin harus dijaga agar tidak meleleh ke lantai yang mengakibatkan kebakaran,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.