Kadis Kominfosandi Sampaikan FGD Penguatan Satu Data Sangat Penting Dilakukan

0

KEPALA Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara, Mochamad Ikhsan beserta jajaran perangkat daerah setempat Ikuti Focus Group Discussion (FGD) penguatan satu data Indonesia, Selasa (13/2/2024).

MENURUT Mochamad Ikhsan, menyampaikan, kegiatan FGD Penguatan Satu Data Indonesia melalui pembinaan statistik sektoral sangat penting dilaksanakan. Hal tersebut dalam upaya menyamakan persepsi mengenai data melalui kolaborasi seluruh perangkat daerah dengan BPS Barito Utara. Sehingga akses mendapatkan data pemerintahan bisa dengan mudah didapatkan, serta data yang didapat akurat. Dapat dipertanggung jawabkan melalui satu data, yang mana Diskominfosandi berperan sebagai Wali Data.

Menurut Ikhsan, kegiatan tersebut sangat baik bagi semua pemangku kepentingan. Terutama pihak-pihak terkait, baik dari pemerintah daerah, maupun BPS dalam upaya menjadikan proses pembangunan menjadi lebih cepat serta efisien melalui pengelolaan data.

BACA: Gelar FGD Penguatan Satu Data Indonesia Bersama Badan Pusat Statistik

Dikatakannya, Dinas Kominfosandi yang merupakan wali data selalu siap bersinergi dalam penguatan satu data Indonesia melalui pembinaann statistik sektoral. Salah satunya yaitu dapat memberikan pelayanan berbagai informasi melalui situs satudata.baritoutarakab.go.id, yang mana dapat diakses oleh semua pihak untuk mendapatkan informasi dari seluruh SOPD terkait.

Kepala BPS Barito Utara, Ahmad Nasrullah menambahkan, melalui kolaborasi seluruh steakholder terkait dalam hal ini OPD sebagai penghasil data, BPS sebagai pembina data, Diskominfo sebagai wali data, dan Bapeddalitbang sebagai sekretariat koordinator forum satu data, diharapkan dapat mewujudkan data yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggung jawabkan.

Kedepannya kata dia, semoga dapat mewujudkan satu data dengan kolaborasi seluruh pihak yang terkait sehingga proses pembangunan bisa lebih cepat dan efisien dengan adanya data yang akurat.

Sehingga untuk mendapatkan informasi data menjadi lebih mudah melalui satudata.baritoutarakab.go.id yang mana diskominfosandi Barito Utara adalah sebagai wali datanya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.