Menjangkau Daerah Paling Selatan Banjarmasin, Distribusi Logistik 6 TPS Harus Menempuh Jalur Air

0

MENJADI salah satu titik terluar, dari beberapa kawasan di Banjarmasin. Persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 di Pulau Bromo, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan harus menempuh jalur air.

HAL ini sudah dilakukan sejak sedari dulu, setiap diselenggarakannya pemilihan. Meskipun kini sudah ada akses jembatan gantung di sana, tetap saja pengantaran logistik Pemilu 2024 harus diantar memakai klotok atau perahu bermesin.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Hafizah Wahid menerangkan, tetap diantarnya logistik melalui jalur air ini, karena jika melewati jembatan gantung dinilainya tidak efisien. “Jalurnya sempit, jadi hanya bisa dilalui kendaraan. Jadi kurang efisien jika melalui jalur darat,” ucapnya, Selasa (13/2/2024).

BACA: Jadi Tradisi, Distribusi Logistik PSU ke Pulau Bromo Dikirim Menggunakan Kelotok

“Ada 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang logistiknya didistribusikan ke Pulau Bromo, yakni dari TPS 26 sampai TPS 31,” tuturnya.

Untuk mendistribusikan logistik itu, disediakan 3 buah perahu. Yang mengangkut kotak suara, bilik suara, surat suara, hingga kelengkapan lainnya. “Waktu tempuh kira-kira sekitar 30 menit. Kami juga dibantu dengan Satuan Polairud untuk pengantaran,” ujarnya.

Dirinya juga memastikan keamanan, dari logistik yang diantar melalui jalur air ini. “Kita sudah melapisi kotak dengan plastik tebal. Barang yang di dalam kotak pun kita lapisi lagi, untuk menghindari cipratan air sungai. Mudah-mudahan itu tidak rembes,” ucapnya yakin.

Terkait kendala dalam pendistribusian sendiri, ia menerangkan tidak terlalu banyak yang dihadapi. “Hanya saja mungkin pasang surut air. Jadinya ini tadi terlambat, yang seharusnya jam 3 tadi, menjadi jam 5 sore. Menunggu air tidak surut,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.