Ikhtiar Selamatkan Semesta, Puncak Milad ke-111 Muhammadiyah Dipusatkan di Balai Kota Banjarmasin

0

MENYONGSONG puncak Milad ke-111 Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan menyiapkan sejumlah agenda acara.

KETUA PWM Kalimantan Selatan Prof H Ridhani Fidzi mengungkapkan puncak peringatan milad ke-111 tingkat wilayah akan digelar pada Sabtu (13/1/2024) di halaman Balai Kota Banjarmasin mulai pukul 11.00 Wita.

“Untuk di Kalimantan Selatan, sebenarnya peringatan milad ke-111 sudah dilaksanakan dengan berbagai kegiatan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah masing-masing,” ucap Ridhahani Fidzi didampingi Sekretaris H Asrani dan jajaran pimpinan wilayah lainnya dalam konferensi pers di Sekretariat PWM Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Kamis (11/1/2024).

Menurut Ridhani, rangkaian acara milad ke-111 sudah dimulai sejak 18 November 2023 lalu, secara berurutan dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan.

BACA : Jajaran PW Muhammadiyah Kalsel Periode 2022-2027 Terbentuk, Ridhahani : Siap Jalankan Program!

Kegiatan memperingati hari lahir ormas Islam mengusung Islam Berkemajuan ini dengan tema Ikhtiar Menyelamatkan Semesta dilaksanakan seperti bakti sosial di antaranya penamaman 1.000 pohon mangrove di pesisir pantai Jorong bekerjasama dengan PT Jorong Baratama Greenston.

“Meski dianggap kecil, tapi nilai kepedulian itu yang penting bahwa organisasi Muhammadiyah peduli dengan lingkungan. Sebab, konsep kita ingin menipiskan polusi udara, mencegah kerusakan alam akibat longsor dan pendangkalan sungai dan danai,” kata guru besar UIN Antasari Banjarmasin ini.

BACA JUGA Guru Besar Pendidikan Islam UIN Antasari Prof Ridhahani Fidzi Terpilih Pimpin PWM Kalsel

Dengan mengasah kepedulian lingkungan, Ridhahani mengajak masyarakat untuk terus berikhtiat menyelamatkan bumi. Bahkan, sekolah, rumah sakit dan panti asuhan dikelola oleh Muhammadiyah juga didorong untuk terus melakukan penghijauan.

“Kegiatan lainnya seperti olahraga seperti senam, panahan dan lainnya. Termasuk yang dilaksanakan di halaman Balai Kota Banjarmasin dihadiri sekitar 3 ribu orang,” kata Ridhahani.

Sebelumnya, pada peringatan milad ke-111 Muhammadiyah tingkat Kota Banjarmasin di Balai Kota Banjarmasin, Minggu (7/1/2024) berlangsung meriah.

Acara itu diisi dengan gowes, senam dan kampanye agar tak membuang sampah sembarangan. Bahkan, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina turut hadir dalam peringatan ormas Islam terbesar ini.

BACA JUGA : Milad ke-109, Sejarah dan Peran Muhammadiyah di Indonesia Tak Perlu Diragukan

Untuk gowes menempuh jarak 10 kilometer mengelilingi Kota Banjarmasin, start  dari Halaman Balai Kota Banjarmasin, menuju Jalan Rantauan Darat, Jalan Kolonel Sugiono, melewati Jalan Gatot Subroto, kemudian masuk di Jalan Veteran Sungai Bilu dan terakhir finish di halaman Balai Kota Banjarmasin.

Selain itu,  ada pula senam lansia dengan berbagai macam latar peserta senam dari warga Aisyiyah Kalimantan Selatan, Nasyiatul Aisyiyah dan dari masyarakat umum dari berbagai usia.

Kegiatan ini dihadiri Ketua PWM Kalimantan Selatan, Prof Ridhahani Fidzi dan  Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Muhammadiyah Kalsel, Hesly Junianto. Direncanakan puncak peringatan milad ke-111 Muhammadiyah pada 13 Januari 2023 akan berlangsung di halaman Balai Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.