Serang Warga, Monyet Ekor Panjang Bikin Resah Warga Kelurahan Mentaos

0

MASYARAKAT Kelurahan Mentaos Kota Banjarbaru saat ini dihadapkan keresahan dengan kehadiran hewan monyet ekor panjang, yang telah menyerang sejumlah masyarakat. Peristiwa ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat setempat.

SEJAK Desember 2023 kamaren sejumlah laporan dari masyarakat telah masuk terkait perilaku agresif monyet yang berkeliaran di sekitar permukiman. Puncak ketegangan terjadi Ketika beberapa masyarakat melaporkan adanya serangan fisik dari monyet tersebut, yang menyebabkan kekhawatiran dan kepanikan ditengah masyarakat.

Lurah Mentaos, Ciptadi Sunaryo dalam hal ini menyampaikan, sejak Desember 2023 hingga sekarang ini Januari 2024 monyet tersebut masih berkeliaran.

BACA : Dua Anak Diserang, KPH Padang Batung Lakukan Perburuan Gerombolan Monyet

“Hingga saat ini korban akibat diserang oleh monyet tersebut sudah ada 4 orang, yang terdiri 3 orang mengalami luka robek pada kaki, dan 1 orang mengalami luka robek pada bagian tangan yang menyebabkan harus mendapatkan 50 jahitan,” ucapnya, Rabu (10/01/2024)

Informasi dari masyarakat, kata dia asal mula monyet ini berada diwilayah Kelurahan Mentaos sudah sejak kecil dan tidak ada pemiliknya. Sehingga masyarakat sudah familier dengan kehadiran monyet tersebut karena dianggap jinak.

“Namun dengan seiringnya waktu monyet tersebut mulai ganas dan agresif menyerang masyarakat senjak Desember 2023,” ujarnya.

BACA JUGA : Jadi Tontotan Menarik, Gerombolan Monyet Masuki Pemukiman Warga Sungai Andai

Masih kata Ciptadi, untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang kembali pihak Kelurahan Mentaos sudah berkoordinasi dengan Damkar Kota Banjarbaru, BKSDA Kalsel dan pihak terkait lainnya.

“Kami sudah mengunjungi para korban untuk memastikan dalam keadaan sehat, dan syukurnya kondisi para korban ini keadaan stabil dan sehat terutama korban yang mengalami luka dengan 50 jahitan. Kami juga sudah melakukan penyisiran para minggu kamaren dari pagi hingga sore, namun tidak menemukan monyet liar tersebut,” tuturnya

Sedangkan Kepala Bidang Peternakan DKP3 Kota Banjarbaru Yohana Kriswinantu mengatakan, monyet ekor panjang yang menyerang masyarakat tersebut bukan merupakan hewan yang dilindungi.

“Pihak kita hanya memantau apakah hewan tersebut menyebarkan rabies. Dari pemantauan kami hewan tersebut sudah menggigit beberapa orang, kalau hewan tersebut membawa rabies kepada orang telah digigitnya maka dalam jangka 2 minggu efek rabies akan bereaksi yang mengakibatkan meninggal dunia, namun syukurnya korban tidak apa-apa” tuturnya.

Masyarakat sekitaran wilayah Kelurahan Mentaos diimbau untuk tetap tenang dan selalu waspada terhadap monyet ini selama proses penanganan atau penangkapan hingga saat ini masih berlangsung.(jejakrekam)

Penulis Riza/MC Banjarbaru
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.