Terbesar Selama 58 Tahun, Pemkab Tabalong Serahkan 102 Bantuan Alsintan bagi Poktan

0

BANTUAN berupa ratusan alat dan mesin pertanian (alsintan) diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfani kepada sejumlah kelompok tani (poktan).

ALSINTAN itu merupakan bantuan dari Pemkab Tabalong melalui Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortiklultura (DKPPTPH) guna meningkatkan hasil produksi hasil tani.

Penyerahan bantuan alsintan ini dilakukan oleh Bupati Anang Syakhfiani di Kantor DKPPTPH Kabupaten Tabalong di Tanjung, Selasa (02/01/2024).

Kepala DKPPTPH Kabupaten Tabalong, Fahrul Raji mengungkapkan sebanyak 102 unit Alsintan yang dibagikan kepda sejumlah poktan merupakan alokasi dana dari APBD Perubahan 2023.

“Alhamdulillah pada tahun 2023 pada APBD Perubahan mendapat alokasi anggaran untuk ratusan alsintan bagi kelompok tani yang ada di Kabupaten Tabalong,” kata Fahrul Raji.

Dia merincikan alsintan yang dibagikan itu berupa satu unit excavator, satu lowboy, tiga unit combine harvester, dua unit traktor roda empat, 42 unit traktor rotary, 14 unit kultivator, 29 unit power threser hingga 10 unit pompa air.

BACA : 16 Poktan di Tabalong Dapat Bantuan Benih Padi Gogo dan Mesin Pertanian

Dari 102 unit alsintan diserahkan di antaranya sebanyak 100 unit diberikan bagi kelompok tani dan dua unit dikelola oleh pihak UPTD DKPPTPH Kabupaten Tabalong.

“Mudah-mudahan ini hal bisa menjadi pemacu bagi kelompok tani yang ada di Kabupaten Tabalong. Kami ingatkan untuk pemeliharaan alsintan lebih diperhatikan,” kata Fahrul.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengingatkan bahwa penyerahan bantuan alsintan ini merupakan bantuan terbesar selama 58 tahun usia Kabupaten Tabalong.

BACA JUGA : Insan Pertanian Tabalong Raih Penghargaan Di Kalsel, DKP2PTH Tabalong Dorong Bikin Inovasi Berkelanjutan

“Pemberian bantuan alsintan ini sebagai wujud keyakinan pemerintah walaupun Tabalong bukan sebagai daerah pertanian. Kami yakin berdasar potensi yang ada kalau diupayakan dengan baik dan benar, maka bisa memproduksi pangan baik untuk kebutuhan sendiri dan daerah tetangga,” papar Anang Syakhfiani.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.