Insan Pertanian Tabalong Raih Penghargaan di Kalsel, DKP2PTH Tabalong Dorong Bikin Inovasi Berkelanjutan

0

DUTA petani Kabupaten Tabalong sukses merebut predikat sebagai pemenang Penghargaan Insan Pertanian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

HAL ini berdasar Keputusan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalsel diteken Imam Subarkah pada 8 Juni 2023.

Terbaik I kategori Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) adalah BPP Pandawa Hulu Sungai Tengah (HST), disusul BPP Amuntai Tengah (HSU) dan terbaik III BPP Kambang Kuning asal Kabupaten Tabalong.

Sedangkan di kategori Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), wakil asal Kabupaten Tabalong meraih terbaik III yakni Sinar Mas membayangi dua juara di atasnya; Gapoktan Sumber Rejeki (Tanah Laut) dan Tirta Kencana (HST).

Di kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP), duta Tabalong diwakili Subur Makmur meraih juara II. Sedangkan, juara I direbut Koperasi Produsen Amanah Sejahtera Beruntung Baru dari Kabupaten Banjar dan KUB Sipedas dari Tapin di terbaik  III.

BACA : Cukup Tunjukan KTP, Petani Kalsel Sudah Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi

Dalam kategori Penyuluh Pertanian PNS dan Penyuluh Swadaya, memang wakil dari Kabupaten Tabalong belum berhasil. Hanya saja di kategori petani; Widi Atmoko mengharumkan daerah sebagai petani terbaik I mengalahkan  Yandi Aulia Rahman asal HSS dan Sugeng Pujiono dari Batola masing-masing terbaik II dan III.

Para terbaik di enam kategori ini merupakan hasil verifikasi lapangan DPKP Provinsi Kalsel pada Mei 2023 dengan jumlah nilai yang ditetapkan oleh tim.

“Insan pertanian asal Tabalong telah berhasil meraih predikat sebagai terbaik dalam penghargaan Pertanian Provinsi Kalsel tahun 2023. Dengan predikat itu, tentu bisa meningkatkan prestasi dan kreativitas serta inovasi di bidang pertanian,” ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong, Fahrul Raji, belum lama tadi.

BACA JUGA : Turdes ke Kecamatan Tanta, Paman Birin Borong Hasil Pertanian dan Produk UMKM Tabalong

Menurut dia, dengan hadirnya inovasi tentu akan bisa meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan di Kabupaten Tabalong.

“Jelas, kami dari dinas akan terus melakukan pendampingan kepada para insan pertanian. Khususnya, fokus pada program peningkatan produksi pertanian,” ucap Fahrul Raji.

Dengan adanya penghargaan di 4 kategori Insan Pertanian Provinsi Kalsel tahun 2024, Fahrul Raji berpesan agar bisa menjadi penyemangat semua pihak, khususnya yang bergelut di bidang pertanian di daerah.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.