Pemkot Banjarmasin Gelontorkan Rp 24 Miliar Untuk Antisipasi Banjir Di Jalan Lambung Mangkurat

0

ACAP kali tergenang baik dikarenakan hujan ataupun air pasang, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin akhirnya akan melakukan rekonstruksi pada drainase dan trotoar di sepanjang Jalan Lambung Mangkurat.

RENCANANYA perbaikan ini akan dilakukan mulai perempatan Gedung KNPI Kalsel hingga perbatasan jalan RE Martadinata. Berseberangan baik di sisi kiri maupun kanan jalan.

Dari rencana itu, dikabarkan Pemkot Banjarmasin akan menggelontorkan dana sekitar Rp 24 miliar. Untuk pengerjaan dengan total panjang empat kilometer baik untuk drainase maupun trotoar.

BACA: Percepat Pembenahan Jaringan Drainase Kota Antisipasi Bertambahnya Titik Genangan Air di Banjarmasin

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas PUPR Kota Banjarmasin Syafiq Huwaida menuturkan, akan memulai rencana ini pada Tahun 2024 mendatang. “Rinciannya selain trotoar yang akan direkonstruksi, saluran drainase di sepanjang jalan nantinya juga akan diperbesar,” ucapnya, Kamis (21/12/2023).

Syafiq menyatakan, saluran drainase yang ada saat ini terlampau kecil, tak mampu menyalurkan atau menampung genangan air yang kerap terjadi, hingga mengganggu pengguna ruas jalan utama. “Dan kami melihat, sistem drainase di sana memang sudah saatnya diperbaiki,” tuturnya.

Dari pengerjaan ini pun, apabila nantinya telah rampung. Akan ada beberapa manfaat yang akan dirasakan masyarakat pada nantinya. “Pertama, kondisi trotoar yang bagus. Kedua, saluran drainase yang bisa beroperasi labih baik,” ungkapnya.

BACA JUGA: Penyebab Banjir, Pakar Intakindo Sebut Fungsi Drainase di Banjarmasin Jadi Penampung Air

“Kalau yang diperbaiki cuma trotoarnya, percuma. Jadi harus dengan drainasenya,” sambungnya.

“Perlu kami tekankan, perbaikan dilakukan di sisi kiri dan kanan jalan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pada Tahun 2023, Dinas PUPR Kota Banjarmasin juga telah menggelontorkan miliaran Rupiah, untuk pembenahan beberapa trotoar dan drainase di sejumlah kawasan.

Diketahui, dari ekspos yang dilakukan pada Oktober lalu, khusus drainase sendiri dana yang digelontorkan mencapai Rp 14,7 miliar. Sedangkan untuk trotoar sendiri mencapai Rp 20,7 miliar untuk 55 ruas jalan yang ada di Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.