Jadi OST Film Saranjana: Kota Ghaib, Lagu ‘Magis’ dari Album Saraba Kawa JEF Banjar Membumi

0

LAGU Saranjana kini viral. Lagu yang menjadi soundtrack atau original soundtract (OST) film Saranjana; Kota Ghaib ternyata viral dan membumi di berbagai platform media sosial (medsos).

PENGGARAPAN lagu bernuansa ‘magis’ film Saranjana karya prosedur, sutradara sekaligus penulis naskah film Johansyah Jumberan dipercayakan kepada JEF Banjar, band lokal yang digawangi Jefry Albari Tribowo, Eben Irwansyah dan Friends.

Lagu utama Saranjana pun digarap Jef Banjar pada 2021 hingga rampung pada 2022 dengan suara bening melengking sang vokalis; Winda Aldina, ketika Johansyah Jumberan berencana membikin film mengangkat khazanah budaya Banua ke pentas nasional.

Lagu Saranjana sendiri masuk dalam album ke-3 Jef Banjar bertajuk Saraba Kawa, usai sebelumnya melahirkan dua album lagu bergenre pop Banjar berjudul ‘Waja Sampai Kaputing’ dan ‘Gawi Manuntung’.

“Selain lagu Saranjana, dalam film Saranjana Kota Ghaib, ada dua lagu yang jadi original soundtrack (OST), yakni Japin Panting dan Dalas,” ucap pentolan Band JEF Banjar, Jefry Albari Wibowo kepada jejakrekam.com, Rabu (21/11/2023).

BACA : Angkat Kisah Misteri Kota Gaib Modern Di Kotabaru, Film Saranjana Laris Manis Di Pasaran

Menurut Jefry, dalam album ketiga Saraba Kawa terdapat 12 lagu selain lagu OST untuk film Sarajana; Kota Ghaib. Di antaranya, Ayo ke Kalimantan Selatan, Pantun Papadahan feat Tegar Gunawan, Saraba Kawa, Bagana di Rumah, Paribahasa Banjar, Ka Banjarbaru, Karindangan Banua, Demang Lehman dan Ratu Zaleha.

“Selain dalam bentuk album fisik seperti disk cakram (CD), kami juga merilis album Saraba Kawa secara digital melalui berbagai platform pemutar musik berbasis online (internet); IG Music, YouTube, Spotify, TikTok Music, Joox Music dan lainnya,” kata dokter spesialis andrologi lulusan Universitas Airlangga Surabaya ini.

BACA JUGA : JEF Perkenalkan Album Lagu Banjar ke Musisi Kawakan Dwiki Dharmawan

Jefry pun mengaku tak menyangka ketika lagu Saranjana justru viral dari berbagai platform musik digital, bahkan kini digubah menjadi musik remix.

Dia mengakui keterlibatan band JEF Banjar menjadi pengisi lagu soundtrack film Saranjana; Kota Ghaib, saat Johansyah Jumberan dan rekan lewat rumah produksi Darihati Films (DH Films) berbasis di Jakarta guna memproduksi film mengangkat nuansa kultural masyarakat Kalimantan Selatan.

“Waktu itu, memang belum muncul ide untuk membuat film Saranjana; Kota Ghaib, ada beberapa film mengangkat budaya Kalsel yang ingin ditonjolkan Johansyah Jumberan. Apalagi, Johansyah Jumberan merupakan asli Urang Banjar. Mereka tertarik menggandeng band JEF Banjar karena selama ini konsisten dengan penggarapan lagu-lagu Banjar,” tutur dokter spesialis RSUD Ulin Banjarmasin, Ciputra Mitra Hospital Banjarmasindan RSI Sultan Agung Banjarbaru ini.

Jefry Albari Tribowo dengan rekannya dalam JEF Banjar saat menyanyikan lagu karyanya. (Foto Dokumentasi Pribadi).

———–

BACA JUGA : Jefry‘JEF’ Tribowo: Bikin Lagu Banjar Jadi Ngepop

Lantas berapa royalti lagu Saranjana yang kini tengah viral? Jefry enggan membeberkan hal itu. Menurut dia, tidak etis juga mengungkap soal itu karena pola kerja sama dengan DH Films memang saling menguntungkan.

Lagu Saranjana garapan JEF Banjar pun juga ikutan viral, setelah film Sarajana; Kota Ghaib kini sudah dinikmati 1.208.709 penonton berdasar data dari aplikasi Cinepoint bahkan bertengger di posisi #5 film nasional yang banyak ditonton atau box office.

“Insya Allah, kami dapat (pembayaran) yang layak. Setidaknya, lagu Saranjana dari album Saraba Kawa itu sudah dikenal publik khususnya di kancah musik nasional,” tutur Jefry.

BACA JUGA : Libatkan 50 Musisi, Konser Kangen Lagu Banjar Kolaborasi Duo DA Suguhkan 5 Tembang Legendaris

Bahkan, bagi para penikmat film bisa mengunduh atau meng-download lagu Saranjana dan lainnya dalam bentuk format MP3 di laman https://jefbanjar.com/album. Termasuk, lagu-lagu andalan yang masuk dalam album pertama dan kedua JEF Banjar.

Lagu-lagu JEF Banjar ini digarap Jefry Albari Tribowo selaku produser musik dengan composer dan arranger; Jefry Albari Tribowo dan Irwansyah. Lagu-lagu itu juga dinyanyikan tiga vokalis JEF Banjar yakni Niluh Wedhani, Winda Aldina K dan Shouma Hadzir.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/11/22/jadi-ost-film-saranjana-kota-ghaib-lagu-magis-dari-album-saraba-kawa-jef-banjar-membumi/,Lagu film saranjana kota ghaib
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.