Libatkan 50 Musisi, Konser Kangen Lagu Banjar Kolaborasi Duo DA Suguhkan 5 Tembang Legendaris

0

LAGU Banjar harus menjadi tuan rumah sendiri di Banua. Konser kolaborasi komposer dan dua pencipta lagu Banjar; Dino Sirajudin dan Khairiadi Asa akan tersaji di Audiotorium RRI Banjarmasin, Sabtu (20/5/2023) malam.

KONSER tembang legendaris Banjar dan kekinian buah lagu ciptaan dua seniman kawakan Banua ini merupakan gawi Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kalimantan Selatan berkolaborasi dengan Komunitas Pemuda Pelopor Kalsel RUNE.

Konser kangen lagu Banjar bertajuk ‘Baras Kuning’ pada malam Minggu ini akan disiarkan langsung oleh RRI Banjarmasin pada pukul 20.00 Wita. Konser ini direncanakan akan melibatkan 50 musisi Kalsel  akan menyuguhkan 5 tembang legendaris Banjar dan 5 lagu baru bergenre kekinian ciptaan musisi kawakan, Dino Sirajudin.

Menariknya, konser yang akan disiarkan secara langsung di jaringan RRI Net ini juga menghadirkan kolaborasi unik lahirnya 7 lagu baru menandai metamorfosa perjalanan karya seorang mantan wartawan dan aktivis yang kini mulai mengakrabi seni cipta lagu Banjar, Khairiadi Asa. 

BACA : Riset Mendalam Tiga Dosen Sendratasik ULM, Isi Lowong Kajian Ilmiah Lagu Banjar

“Lagu Banjar sudah saatnya berevolusi dan mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Selama ini fakta membuktikan bahwa hanya lagu “Ampar-ampar Pisang” atau “Paris Barantai” saja yang akrab di kancah musik nasional, namun ironisnya tidak semua orang mengetahui bahwa lagu tersebut  berasal dari Kalimantan Selatan” beber Sukrowardi, promotor konser yang juga politisi Golkar menjelaskan maksud dan tujuan digelarnya konser kangen itu kepada jejakrekam.com, Senin (16/5/2023).

Anggota Komisi IV DPRD Banjarmasin ini menegaskan momentum konser Kangen Lagu Banjar bertepatan pada perayaan hari Kebangkitan Nasional ke-115.

Promotor Konser Kangen Lagu Banjar Kolaborasi Duo DA, Sukhrowardi.

“ Inilah momentum harmonisasi seniman Kalsel. Kami mengajak segenap pihak guna mendukung dan bersama mendorong kebangkitan semangat persaudaraan dan solidaritas antar seniman Kalsel yang selama ini bagai jalan di tempat, berkarya produktif tanpa pamrih kendati masih minim peminat dan keberpihakan,” ucap Sukrowardi. 

BACA JUGA : Isi Waktu Luang, 56 Lagu Banjar Telah Tercipta dari Petikan Gitar Khairiadi Asa

Dengan adanya kolaborasi Duo DA yang identik dengan nomor pelat polisi kendaraan bermotor Kalsel, maka dua pencipta lagu Dino Sirajudin dan Khairiadi Asa akan memperkenalkan kolaborasi dengan namaDuo DA.

Mereka akan meluncurkan kompilasi lagu-lagu Banjar terbaru yang diabadikan dalam USB unik serta siap diedarkan sebagai souvenir khas Kalimantan Selatan.

Menariknya lagi, sejumlah artis penyanyi terkemuka juga turut meramaikan konser kangen lagu Banjar antara lain Peter Lantu, Nazar Arfiandi, Aank Andrie, Michelle, Loveeta L Janna, M Hadzir dan Suryani Alfarichi.

BACA JUGA : Dari Baras Kuning hingga Cintaku Sederhana, 40 Tahun Dedikasi Seniman Banua Dino Sirajuddin

“Kami berharap melalui event ini  lagu-lagu Banjar akan segera menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selain itu, akses distribusi secara digital baik melalui media sosial maupun layanan streaming  semakin terbuka secara luas untuk mengobati rasa kangen pada banua melalui lagu-lagu karya seniman daerah Kalsel,” kata Dino Sirajudin yang juga Ketua DPD PAPPRI Kalsel.

Direncanakan, konser Kangen lagu Banjar “Baras Kuning” direncanakan akan dihadiri para pejabat dan tokoh masyarakat serta menampilkan pembacaan narasi dan puisi antara lain oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi  dan istri Walikota Banjarmasin Hj Siti Wasilah Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.