Usung Kemarau Landang dengan 20 Lukisan Terbaik, DK Banjarmasin Helat BAW 2023 Selama Sepekan

0

EVEN tahunan Banjarmasin Art Week (BAW) 2023 digelar Dewan Kesenian (DK) Banjarmasin dengan memamerkan 20 lukisan terbaik yang telah tersaring oleh para kurator.

USAI mendulang sukses BAW 2022 bertemakan Jukung Barenteng, kini ajang unjuk diri para pelukis dan pegiat seni rupa Banjarmasin mengusung  Kumarau Landang.

Perhelatan BAW 2023 berlangsung selama sepekan di Gedung Banjarmasin Creative Hub, Jalan A Yani Km 3,5 dekat Flyover Gatot Subroto, Banjarmasin pada 14-21 November 2023.

Ketua DK Banjarmasin Banjarmasin, Hajriansyah mengatakan sengaja mengangkat tema Kumarau Landang sebagai tema BAW 2023 karena dilatarbelakangi kondisi yang terjadi sekarang.

BACA : Beri Ruang bagi Berkesenian, DPRD Banjarmasin Usulkan Dewan Kesenian Diberi Dana Hibah APBD

“Kalau diartikan ini sebagai kemarau panjang. Kondisi initelah terjadi di Kota Banjarmasin, bahkan di seluruh wilayah di Indonesia. Lewat BAW 2023, para seniman ingin merefleksikan keadaan yang tengah terjadi saat ini,” tutur Hajriansyah kepada awak media, Selasa (14/12/2023).

Mahasiswa doktoral UIN Antasari Banjarmasin ini mengatakan lewat BAW 2023 menjadi bentuk kepedulian, kritis, sikap seniman terhadap wacana dan persoalan yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA : Suguhkan 70 Penari Rahap Rahayu dari Para Siswi, Banjarmasin Art Week Bakal Jadi Even Tahunan

Dalam BAW 2023 ini, Hajriansyah mengatakan ada sekitar 20 lukisan yang dipamerkan di Gedung Banjarmasin Creative Hub. Puluhan lukisan ini telah melewati kurasi oleh para kurator.

“Yang pasti berkesesuaian dengan tema Kumarau Landang. Lukisan ini tidak hanya dari seniman Banjarmasin, namun mencakup juga para seniman di seluruh Kalimantan Selatan,” kata pemilik Kampung Buku Banjarmasin ini.

Para senimanyang terlibat dalam BAW 2023 di antaranya Daniel Lee, Nanang M Yus, Sandy Firli, Ahmad Noor, dan banyak pegiat seni rupa lainnya. Selain karya lukis di atas kanvas, turut pula dipamerkan seni instalasi serta mural.

BACA JUGA : Walikota Ibnu Sina Baturai Pantun, Banjarmasin Art Week 2022 Resmi Dibuka, Ini Rangkaian Acaranya!

“Dalam BAW 2023 ini, akan ada seni pertunjukan, mulai live musik, baca puisi, dan cerpen, kemudian workshop seni hingga diskusi karya seni,” tutur Hajri, sapaan akrab alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini.

Hajri berharap pada kesempatan BAW 2023 juga bisa mendorong perkembangan ekonomi kreatif dengan banyaknya lukisan yang dipamerkan. “Siapa tahu ada yang berminat, dengan karya yang dipamerkan. Sebab, karya lukisan juga bisa mendorong ekonomi kreatif,” kata Hajri.

BACA JUGA : Sukses Helat BAW Jukung Barenteng 2022, DK Kota Banjarmasin Bersiap Tuan Rumah ASKS XX 2023

Usai membuka BAW 2023, Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor mengungkapkan rasa gembiranya dengan digelarnya kembali even tahunan para seniman rupa dan pegiat ekonomi kreatif.”Mudah-mudahan BAW tahun ini dapat berjalan baik dan lancar hingga selesai,” ucap Arifin.

Mantan Kepala Dinas PUPR Banjarmasin ini menginginkan pameran karya seni dapat lebih menarik minat masyarakat, khususnya anak muda di kalangan pelajar guna lebih memahami tentang seni.

“Dengan mereka lebih mencintai akan seni itu, harapannya mereka bisa terhindar dari pikiran dan kelakuan negative.  Sebab ada pengalihan dengan mereka mencintai seni yang lebih baik dan indah,” imbuh Arifin.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.