Walikota Ibnu Sina Baturai Pantun, Banjarmasin Art Week 2022 Resmi Dibuka, Ini Rangkaian Acaranya!

0

PERHELATAN Banjarmasin Art Week (BAW) 2022 digeber pada 4-10 November 2022 resmi dibuka Walikota Ibnu Sina di Rumah Anno 1925, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin, Jumat (4/11/2022).

PEMBUKAAN ini ditandai dengan penyerahan bokor oleh Walikota Ibnu Sina kepada Ketua Dewan Kesenian (DK) Kota Banjarmasin, Hajriansyah. Berikutnya dilanjutkan dengan mengalungkan selendang kepada Ketua Pelaksana BAW 2022 Nailiya Nikmah.

Sebelum turun dari lantai dasar Menara Pandang, Walikota Ibnu Sina didaulat pembawa acara untuk Baturai Pantun dengan selebgram kocak Shufiyadi Akbar.

“Baturai pantun menurut merupakan tradisi Banjar yang sudah jarang terdengar. Yang ada, hanya bapantun dengan nuansa Betawi.” Nuansa Betawi yang dimaksud adalah seloroh “Cakep!” yang biasa dilontarkan pendengar ketika mendengarkan pemantun,” kata Ketua DK Banjarmasin, Hariansyah. “Kita harus mencari sahutan yang lebih bernuansa Banjar,” cetus Hajri.

BACA : Lukisan Dipamerkan di Rumah Anno 1925, Jarujut Banjarmasin Art Week 2022 Digelar November

Selepas acara pembukaan di Menara Pandang, Hajriansyah bersama panitia BAW mengajak Walikota Ibnu Sina dan Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman bersama Penasihat Dewan Kesenian Banjarmasin Ilham Noor guna menyaksikan pameran lukisan di Rumah Anno 1925.

Ada 26 buah lukisan dari pelukis-pelukis kota Banjarmasin dan beberapa pelukis undangan dari Banjarbaru (Daniel Lie), Tanah Laut (Setyo Widyanto), Tapin (Sutarji).

BACA JUGA : Mengaktualisasikan Ornamen Rumah Tradisional Banjar dalam Motif Kain Sasirangan

Menurut Badri, kurator pameran yang diberi tema “Jarujut” ini, “Selain pelukis Banjarmasin, pihaknya juga mengundang pelukis-pelukis tamu dari beberapa kabupaten/kota lain untuk turut meramaikan kegiatan BAW 2022.

“Ini semacam bentuk kolaborasi yang merepresentasikan keragaman seni rupa Banjarmasin dan Kalimantan Selatan,” kata Badri.

Kegiatan BAW 2022 yang diberi tema “Jukung Barenteng” akan hadir di area Menara Pandang – Rumah Anno, pada 4-10 November 2022. Kegiatan ini merupakan program Dewan Kesenian Banjarmasin tahun ini, dan seyogyanya akan menjadi agenda rutin tahunan.

BACA JUGA : Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin Dukung Sanggar Perpekindo Dokumentasikan Tari Kreasi Banjar

Selama sepekan, agenda BAW 2022 ini terbilang cukup padat. Di antaranya, seperti pada Sabtu (5/11/2022) digelar latihan bersama aktor dengan pemateri Bayu Bastari di Panggung samping Rumah Anno 1925 pukul 16.00 Wita-selesai.

Selain itu, pada Sabtu (5/11/2022) juga digelar Ngobrol Santai Dewan Kesenian Banjarmasin dengan Walikota Ibnu Sina dan Ketua DK-Bjm, Hajriansyah pukul 15.00 Wita-selesai.

Pasangkan selendng oleh Walikota Ibnu Sina menandainya dibukanya Banjarmasin Art Week 2022 di Rumah Anno 1925 dan sekitarnya. (Foto Istimewa)

Berlanjut pada Minggu (6/11/2022) dilaksanakan serial diskusi stake-holder; Tata Kelola Seni Budaya Kota Banjarmasin, menghadirkan anggota DPRD Kota Banjarmasi Sukhrowardi, Ilham Noor (Dewan Pertimbangan DK-Bjm), Zulfaisal Putera (Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kota Banjarmasin) dan Micky Hidayat (sastrawan Kalsel) dengan moderator Dewi Alfianti (Sekretaris DK-Bjm).

BACA JUGA : Pengurus Baru Dewan Kesenian Banjarmasin Dilantik, Usung Semangat Kolaborasi Antar Seniman

Ada pula, Serial Diskusi Teater; Qou Vadis Teater Modern Kalsel pada Minggu (6/11/2022) pukul 20.30-22.30 Wita, dengan menghadirkan narasumber Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman dan Bayu Bastari (aktor dan praktisi teater).

Sebelumnya, pada hari yang sama pukul 16.00 Wita digelar diskusi di Panggung samping Rumah Anno 1925 bertema Geliat dan Masa Depan Musik di Banjarmasin menghadirkan Susyam Widiantho (Pendidik Musik Banjarmasin), Dino Sirajuddin (Musisi dan Ketua PAPPRI Kalsel) serta Sumasno Hadi (Kritikus dan Dosen Musik Universitas Lambung Mangkurat).

BACA JUGA : Ingin Cetak Sejarah, Kolaborasi Dewan Kesenian Banjarmasin- Malang Usung Antologi Dwi Bahasa

Kemudian, pada Senin (7/11/2022) pada pukul 16.00 Wita-selesai digelar Serial Diskusi Sastra Media Sosial dimoderatori Nailiya Nikmah (Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dengan pemateri Sainul Hermawan (Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP ULM), dan Titik Wijanarti (Staf Balai Bahasa Kalsel).

Pada Selasa (8/11/2022) pukul 16.00 Wita-selesai, ada serial diskusi Pasar dan Ruang Penciptaan Seni dengan narasumber Badri Hurmansyah (akademisi dan praktisi seni rupa) dan Rokhyat (praktisi seni rupa) dimoderatori pendidik dan praktisi seni rupa; Cahyo Purwadi.

BACA JUGA : Siap Majukan Dunia Seni, Disbudpar Komitmen Dukung Dewan Kesenian Banjarmasin

Berlanjut pada Rabu (9/11/2022) pukul 20.30 Wita-selesai, digeber serial diskusi bertajuk Persoalan di Seputar Produksi menghadirkan HE BE Benyamine (penggiat film Banjarbaru), Ade Hidayat Matolese (praktisi film) dan Avisena Soebli (produser film Jendela Seribu Sungai) dengan moderator; Munir Shadiqin (praktisi film). (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.