Suguhkan 70 Penari Rahap Rahayu dari Para Siswi, Banjarmasin Art Week Bakal Jadi Even Tahunan

0

TARIAN Radap Rahayu secara massal disuguhkan dalam penutupan Banjarmasin Art Week (BAW) 2022 di Panggung Utama samping Rumah Anno 1925, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin, Jumat (10/11/2022).

BANYAK goresan sejarah tertoreh dalam ajang gelaran Dewan Kesenian (DK) Kota Banjarmasin berkolaborasi dengan Pemkot Banjarmasin. Ada 70 penari mengikuti atraksi tarian Radap Rahayu olah workshop yang digelar DK Kota Banjarmasin. Para penari merupakan puluhan siswi SMP dan SMA sederajat se-Kota Banjarmasin.

Penyuguhan tarian khas pesisir suku Banjar ini menandai dalam sepekan ini BAW 2022 telah menghasilkan sejumlah karya, baik berbentuk lukisan, diskusi, kajian sastra hingga rekomendasi yang disimpulkan DK Kota Banjarmasin pada perhelatan pada 4-10 November 2022.

BACA : Lukisan Dipamerkan di Rumah Anno 1925, Jarujut Banjarmasin Art Week 2022 Digelar November

Tari Radap Rahayu berdasar buku karya Sjafri Sairin  merupakan tarian Banjar pesisir yang terpengaruh dengan unsur Melayu. Radap Rahayu mengandung dua diksi yakni Radap yang berarti beradab-adab atau tarian yang ditampilkan secara berkelompok. Sedangkan, Rahayu adalah galuh (gadis) bunga atau putri yang cantik.

Sehingga, tari Radap Rahayu adalah tarian yang disuguhkan para galuh atau kelompok bidadari dari Negeri Kayangan yang turun ke bumi  untuk menolong seseorang yang membutuhkan pertolongan.

BACA JUGA : Walikota Ibnu Sina Baturai Pantun, Banjarmasin Art Week 2022 Resmi Dibuka, Ini Rangkaian Acaranya!

Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman mewakili Walikota Ibnu Sina pun memuji perhelatan selama sepekan BAW 2022 telah menghasilkan karya yang bermanfaat bagi kehidupan dunia seni budaya Banjarmasin.

“Harapannya tahun depan, Banjarmasin Art Week ini bisa kembali digelar. Bahkan, tak hanya diikuti para seniman atau penggiat seni dari Banjarmasin, tapi juga dari kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan,” ucap Ikhsan Budiman.

Menurut dia, dengan hadirnya Banjarmasin Art Week 2022 ini bisa menjadi wahana bagi generasi muda untuk menekuni dunia seni dan budaya yang terus berkembang hingga menjadi industri kreatif.

BACA JUGA : Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin Dukung Sanggar Perpekindo Dokumentasikan Tari Kreasi Banjar

Lukisan karya Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman diserahkan Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin, Hajriansyah kepada Sekda Ikhsan Budiman. (Foto Sirajuddin)

Sebagai tanda syukur, Ketua Dewan Kesenian (DK) Kota Banjarmasin Hajriansyah menyerahkan hadiah berupa lukisan karya Sekda kota Banjarmasin yang telah rampung selama perhelatan BAW 2022.

“Lukisan itu benar-benar karya Pak Sekda Kota Banjarmasin. Jadi, kami serahkan sebuah cenderamata dari BAW 2022,” tutur Hajriansyah.

BACA JUGA : Pengurus Baru Dewan Kesenian Banjarmasin Dilantik, Usung Semangat Kolaborasi Antar Seniman

Menurut dia, selama perhelatan BAW 2022 yang diisi dengan beragam acara, tak kurang dari 200 hingga 300 orang berkunjung ke pameran lukisan serta menghadiri acara diskusi seni dan budaya yang berpusat di Rumah Anno 1925.

“Ini tentu hal yang menggembirakan bagi para penggiat seni dan budaya yang tergabung dalam Dewan Kesenian (DK) Kota Banjarmasin,” pungkas Hajriansyah.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.