Warga Merasa Diteror Kelompok Beruang Madu Berkeliaran di Jalan Desa Jambu Baru Kuripan

0

AKSI dua beruang madu (helarctos malayanus) berkeliaran di ruas jalan Desa Jambu Baru, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala (Batola) meresahkan dan meneror warga.

DALAM sepekan ini, warga Desa Jambu Baru melaporkan sedikitnya ada 5 hingga 6 ekor beruang madu berkeliaran di desanya.

“Beruang madu itu tak hanya berkeliaran di RT 1 Desa Jambu Baru, namun juga di RT-RT lainnya. Terlebih lagi, mereka beraktivitas di ruas jalan yang menjadi poros penghubung Desa Jambu Baru dengan desa lainnya,” kata Abdul Rahman, warga Desa Jambu Baru kepada jejakrekam.com, Rabu (1/11/2023).

Dia menduga para beruang madu sampai memasuki kawasan pemukiman akibat kesulitan mencari makan di hutan galam dekat Desa Jambu Baru.

“Akibat musim kemarau, memang hutan galam di Desa Jambu Baru  banyak yang terbakar, sehingga mereka berkeliaran di jalan poros desa,” ucap Rahman.

BACA : Polda Kalsel Ungkap Kasus Perdagangan Satwa, Bekantan hingga Beruang Madu Jadi Barbuk

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jambu Baru ini dengan adanya beruang madu berkeliaran di jalan raya desa telah disikapi dengan berencana melaporkan hal itu dinas terkait.

“Saat ini memang hanya kami posting lewat facebook dan media sosial lainnya. Sebab, beruang madu termasuk hewan liar yang bisa membahayakan dan menyerang manusia,” ucap Rahman.

Menurut dia, untuk menjadi bukti jika beruang madu itu berkeliaran di desa telah diambil foto walau dengan jarak jauh. “Jangan sampai beruang madu itu justru melihat kita. Kami khawatir malah diserang,” kata Rahman.

BACA JUGA : Pemerintah Siapkan Lahan di Mantuil untuk Konservasi Bekantan, SBI: Perlu Konsep Jelas

Dia bercerita kejadian masuknya hewan buas dan liar ke pemukiman warga juga pernah terjadi pada tahun lalu. Waktu itu, sekira pukul 7 malam, Rahman mengaku sempat bertemu dengan beruang madu di jalan saat naik motor.

“Saat itu, beruang madu memang tidak melihat saya. Namun, dia sempat berdiri seperti hendak menyerang bahkan lebih tinggi dari sepeda motor saya,” tutur Rahman.

BACA JUGA : Dikira Babi Hutan, Warga Karang Intan Berduel Dengan Beruang Madu

Dia bercerita pula di lain waktu terdengar suara gemuruh di kawasan jalan poros desa, ketika sekelompok monyet ekor panjang justru diserang oleh beruang madu.

“Kami berharap aparat terkait khususnya dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel bisa segera menangkap beruang madu yang berkeliaran di Desa Jambu Baru. Takutnya justru membahayakan dan bisa memakan korban,” imbuh Rahman.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.