Sosialisasi Fungsionalisasi TPS 3R Sebagai Pengoptimalan Pengelolaan Sampah

0

DALAM rangka memperingati Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia 2023, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan melakukan sosialisasi fungsionalisasi Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Recycle, Reuse).

SOSIALISASI ini digelar di TPS 3R Aldi Lestari, di Jalan Tembus Mantuil, Komplek Aldi Citra Persada 1, Selasa (31/10/2023).

Kepala BPPW Kalsel Teuku Davis Hamid berharap, kegiatan yang diadakan di TPS 3R Aldi Lestari ini dapat menginspirasi masyarakat dalam membangun kawasan perkotaan. “Terutama dalam mengelola sampah secara 3R, sehingga sampah tidak lagi hanya dibuang dan tertimbun di TPA saja namun memiliki daya guna yang positif selain Kesehatan masarakat,” ucapnya.

BACA: Mengaku Tak Ada Sosialisasi, Penghuni Grand Batuah Mahatama Tolak Pembangunan TPS 3R

TPS 3R Aldi Lestari ini merupakan TPS yang dibangun Kementerian PUPR pada 2017, yang fasilitas dan pengeloaannya melalui pemberdayaan masarakat di daerah setempat. Dikelola Kelompok Swadaya Manfaat (KSM), yang setiap hari beroperasi di kawasan Kelurahan Mantuil, Kota Banjarmasin, dan melayani sampah dari 230-an KK setiap hari.

“Sampah di TPS 3R dikelola dengan metode Reduce-Reuse-Recycle. Sampah yang diambil dari warga dipilah, dimana nanti sampah organik dijadikan pupuk kompos atau pakan ternak, sampah non organik seperti plastik, kertas, alumunium dan lainnya dipilah untuk dijual atau dimanfaatkan kembali,” ujarnya.

Dijelaskannya juga, pada 2018 lalu TPS 3R Aldi Lestari meraih penghargaan TPS 3R dengan pengelolaan terbaik. “Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kementerian Kemaritiman dan diserahkan Menteri Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan,” tuturnya.

BACA JUGA: Jawab Kritikan Publik, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina Ungkap Langkah Atasi Problema Kota

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Pelaksana Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel Bhima Dhananjaya mengatakan, hingga saat ini sudah ada belasan TPS 3R yang difungsikan di Kota Banjarmasin. “Ada 7 yang dibangun dari dana APBN, dan 12 dari dana APBD Kota Banjarmasin,” ucapnya, Selasa (31/10/2023).

Semua TPS 3R ini sudah mulai dibangun mulai Tahun 2011 hingga 2022. “Dan semua ini dikelola oleh Pemkot Banjarmasin. Karena setelah dibangun dari APBN, kami serahkan ke pemkot,” tuturnya.

“Itu menunjukkan bahwa Pemkot Banjarmasin ini kuat, baik dari segi pembiayaan dan komitmen. Tidak semua kota punya komitmen mau membangun TPS 3R lebih dari APBN,” sambungnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.