Meriahkan Harjad ke-58, Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 Segera Dihelat pada Desember Nanti

0

PERINGATAN Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Tabalong ke-58 dengan puncaknya pada 6 Desember 2023 dipastikan bakal meriah. Rangkaian gelaran budaya Nan Sarunai akan ikut mewarnai.

BERTAJUK Nan Sarunai Tabalong Festival 2023; Culture & Creative Carnival akan memeriahkan rangkaian Harjad Kabupaten Tabalong ke-58 pada awal Desember nanti.

“Tujuan dari Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 guna memperkenalkan seni budaya daerah, khususnya Bumi Sarabakawa dan daerah sekitar Ibukota Negara (IKN) Nusantara,” ucap Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam ekspose Nan Sarunai Tabalong 2023 di Pendopo Bersinar, Tanjung, Sabtu (28/10/2023).

Bupati dua periode ini mengungkapkan keberagaman seni budaya di Tabalong merupakan salah satu kekuatan dalam menyukseskan pembangunan daerah. Terlebih penduduk Kabupaten Tabalong merupakan tipikal masyarakat heterogen karena dihuni berbagai suku bangsa.

BACA : Kick Off Festival Nan Sarunai, Bupati Anang: Ikhtiar Bersama Wujudkan Tabalong Serambi Depan Kalsel

“Di samping Dayak Deah, Maanyan dan Lawangan. Di Kabupaten Tabalong juga ada seni budaya suku Sunda, Jawa, Sulawesi, dan Banjar sendiri,” kata Anang Syakhfiani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tabalong, Abdul Halim mengungkapkan setidaknya saat ini sudah 15 kabupaten/kota di Indonesia bersedia mengikuti even tersebut. “Untuk kabupaten dan kota di Provinsi Kalsel, kami usahakan semua bisa berhadir,” ucap Abdul Halim.

Gelaran even besar itu akan dipusatkan di titik titik. Yakni, Pendopo Bersinar, Tanjung Expo Center dan Taman Giat Tanjung yang akan berlangsung selama tiga hari pada 8-10 Desember 2023.

BACA JUGA : Tabalong Disemat Bumi Nan Sarunai, Muktamar I Rabithah Melayu Banjar Bakal Dibuka Presiden Jokowi

“Kami juga akan menggelar Fashion Show Batik Tabalong di Duta Mall Banjarmasin sebagai penanda kicf off Nan Sarunai Tabalong Festival,” ucap Halim.

Dia memastikan dalam waktu dekat pre-event Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 dilanjutkan dengan road show ke berbagai daerah. Di antaranya ke Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Kota Banjarbaru.(jejakrekam)

Pencarian populer:Festival tabalong 7 desember 2023
Penulis Muhammad
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.